Lihat ke Halaman Asli

Daud Ginting

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

Kaleidoskop 2022 Dunia Tidak Baik-baik Saja

Diperbarui: 26 Desember 2022   23:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Iklim dunia tidak baik-baik saja, kompas.com

Kini waktu tengah di penghujung tahun 2022, tentu tersirat banyak catatan manis dan kelam. Aneka peristiwa yang telah terjadi disajikan secara singkat (keleidoskop) lajim dilakukan setiap akhir tahun sebagai bahan refleksi.

Nuansa kehidupan tahun 2022 masih diwarnai efek panjang kemunculan pendemi Covid 19, sehingga tidak dapat dipungkiri turbelensi kehidupan sosial, ekonomi dan politik masih sangat menguncang kehidupan umat manusia di seluruh belahan dunia.

Maka tidak berlebihan jika disebut atmosfir kehidupan dunia di tahun 2022 dalam kondisi tidak baik-baik saja. Oleh karena itu pergantian tahun menuju 2023 melahirkan harapan terjadi suasana perubahan ritme kehidupan ke arah lebih baik.

Namun  prediksi sebagaian pakar menyebut tahun 2023 dunia masih akan diselimuti awan gelap, baik di sisi ekonomi maupun politik. Perekonomian beberapa negara dikuatirkan akan dilanda stagflasi atau perlambatan ekonomi dan tingkat inflasi tinggi, dan bahkan resflasi atau resesi ekonomi dan inflasi tinggi.

Bahkan beberapa negara diprediksi bisa jadi dilanda "Triple Krisis". yaitu krisis pangan, energi dan keuangan akibat rambatan ketidak pastian global di bidang ekonomi dan geopolitik. 

Perang Rusia dengan Ukraina menjadi salah satu pemicu terganggunya recoveri perekonomian beberapa negara paska pendemi Covid 19 sepanjang tahun 2022, dan mengakibatkan terjadinya fragmentasi politik dan ekonomi.

Ketegangan politik antara Rusia dan Ukraina merupakan sebuah gambaran sikap kesombongan antar manusia, sebuah pertanda manusia moderen masih memiliki sifat primitif ingin saling menguasai satu sama lain atas nama mempertahankan harga diri. Padahal umat manusia kini tengah hidup di tengah era digitalisasi yang lahir dari rahim kemajuan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan.

Sebagai manusia digital, aktivitas dan interaksi umat manusia sepanjang tahun 2022 dapat di lihat dari jejak digital.  Salah satu sarana praktis untuk mengetahui apa yang sedang trend dipikirkan dan diperbincangkan penghuni jagat raya ini adalah Google Year in Search 2022, yaitu rangkuman pencarian dan kata kunci teratas selama tahun 2022.

Berdasarkan situs Google Trends yang dirilis akhir tahun 2022,  Google Year in Search 2022 memuat kata (keyword) populer yang paling banyak dicari masyarakat dunia di mesin pencarian Google sepanjang tahun 2022. 

 Kata "Wordle" menduduki peringkat teratas sebagai salah satu kata paling dicari sepanjang tahun 2022.

Kata Wordle mengalahkan pencarian kata Ukraina, padahal perang Rusia dan Ukraina merupakan peristiwa penting yang sangat mengkuatirkan bagi sebagian besar negara-negara di dunia karena bisa saja merambat jadi perang besar sebagaiman perang dunia sebelumnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline