Lihat ke Halaman Asli

Datuk Agung Sidayu

Chairman of YPI Wira Tata Buana

Mitra Internasional Somaliland

Diperbarui: 9 Juni 2021   19:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Mitra internasional mengucapkan selamat kepada rakyat Somaliland, partai politik, Komisi Pemilihan Nasional dan lembaga pemerintah lainnya.

Mitra internasional mengucapkan selamat kepada rakyat Somaliland, partai politik, Komisi Pemilihan Nasional dan lembaga pemerintah lainnya atas keberhasilan pelaksanaan pemilihan parlemen dan dewan lokal tahun 2021 dan atas pengaturan keamanan pemilihan. Melalui pemilu ini, rakyat Somaliland telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap proses pemilu, partisipasi politik, dan penguatan demokrasi.

Kami menyambut khususnya pemilihan bersejarah kelompok minoritas ke Dewan Perwakilan Rakyat dan sejumlah besar calon pemuda terpilih. Kami mengakui pencapaian signifikan dari kandidat perempuan selama proses pemilihan ini, tetapi sangat menyesalkan bahwa hal ini tidak diterjemahkan ke lebih banyak perempuan di kantor terpilih yang mengakibatkan penurunan representasi politik perempuan. 

Penting bagi semua pemangku kepentingan untuk belajar dari hal ini, dan bagi pemerintah, partai politik, dan lainnya untuk mengambil tindakan untuk memperkuat partisipasi politik perempuan jauh sebelum pemilu mendatang. Kami menantikan langkah-langkah mendesak dan konkrit dari parlemen baru dan pemerintah untuk memastikan keterwakilan perempuan yang adil dalam pemerintahan dan administrasi.

Kami tetap berkomitmen untuk melanjutkan kerjasama konstruktif kami untuk demokratisasi lebih lanjut dan inklusi perempuan dan kelompok terpinggirkan di Somaliland, dan untuk mendukung pemilihan umum yang teratur dan tepat waktu di semua tingkat pemerintahan. Kami berharap dapat memperkuat kerja sama kami dengan dewan lokal dan parlemen yang baru terpilih, baik dalam masalah ini maupun masalah lain yang menjadi kepentingan bersama.

Pernyataan ini atas nama mitra berikut: Uni Eropa, Belgia, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Belanda, Norwegia, Swedia, Swiss, Inggris Raya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline