Lihat ke Halaman Asli

3.1.a.8 Koneksi Antar Materi - Modul 3.1

Diperbarui: 1 Mei 2023   10:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

3.1.a.8. Koneksi Antarmateri - Modul 3.1

Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin

Saya Datik Rosse Mery

 Calon Guru Penggerak angkatan 7    

Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur. 

Pada kesempatan ini saya membuat koneksi antar materi untuk memenuhi tugas modul 3.1 yaitu pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai seorang pemimpin.

Dimana artikel koneksi antar materi ini berhubungan dengan materi-materi yang saya pelajari selama mengikuti pendidikan guru penggerak. Konsep awal yang akan saya uraikan berhubungan dengan pertanyaan dasar yaitu:

Bagaimana filosofi Ki Hajar Dewantara dengan Pratap Triloka memiliki kaitan dengan penerapan pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin?

Pemikiran Ki hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran di Indonesia. Beliau merupaka tokoh pahlawan Nasional yang sangat memperhatikan perkembangan pendidikan di Indonesia. Tiga landasan yang menjadi peganggang dalam mendidik yang beliau cetuskan yaitu Ing ngarso sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut wuri Handayani. Dari tiga filosofi inilah kita diajarkan untuk menempatakan posisi kita sebagai pendidik. Dimana posisi kita ketika berada di depan memberikan contoh, berada di tengah masyarakat atau anak didik kita harus mampu memberikan semangat begitu pun ketika kita berada di belakang harus mampu memberikan dorongan atau motivasi kepada siapa saja supaya tetap terus belajar. Karena pada dasarnya belajar adalah sepanjang hayat.

Dengan alasan tersebut maka seorang guru yang dianggap sebagai pemimpin pembelajaran harus mampu menjadi sosok yang bisa mengambil suatu keputusan yang tepat yang berpihak pada murid.

Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline