Keberhasilan suatu proses pembelajaran tidak bisa terlepas dari bagaimana seorang pendidik menggunakan pendekatan pembelajaran dan metode pembelajaran.
Pendekatan dan metode pembelajaran yang keliru dapat menjadi penghambat untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Ada banyak teori atau pendapat yang telah menemukan aneka macam pendekatan dan metode pembelajaran, namun dalam ulasan kali ini saya ingin mengulas 3 pendekatan pembelajaran dan 4 metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran.
Pendekatan Pembelajaran
Ada banyak pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran. Berbagai pendekatan ini dilakukan agar membantu siswa lebih muda memahami suatu pelajaran.
Dari sekian banyak pendekatan pembelajaran, di antaranya terdapat tiga pendekatan yang dapat digunakan oleh guru, yakni: 1) pendekatan berbasis genre/teks (GBA: Genre Based Approach), 2) pendekatan Contexstual Teaching and Learning (CTL), dan 3) pendekatan pendidikan matematika realistik (RME: Realistic Mathematic Education/RME).
Berikut ini merupakan penjelasan dari masing-masing pendekatan pembelajaran.
1. Pendekatan Berbasis Genre (Genre Based Approach/GBA)
Pendekatan berbasis genre merupakan pendekatan pembelajaran yang membantu siswa supaya lebih kompeten memiliki kemampuan berbahasa.
Tujuannya adalah agar siswa memiliki kemampuan dalam berkomunikasi melalui penguasaan keterampilan berbahasa, antara lain melalui kegiatan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
Menurut Roses dan Martin (2012), ada beberapa tahap dalam kegiatan pembelajaran dengan pendekatan berbasis GBA.
a. Membangun Konteks. Tahap ini merupakan proses awal yang dilakukan oleh guru bersama siswa untuk mengarahkan pemikiran ke dalam pokok persoalan yang akan dibahas pada setiap pelajaran.