Lihat ke Halaman Asli

Dasman Djamaluddin

TERVERIFIKASI

Saya Penulis Biografi, Sejarawan dan Wartawan

Harmoko di Usia 80 Tahun Terlihat Sehat

Diperbarui: 2 Juli 2021   09:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

poskotanews.com

Tampil di sebuah ruangan di Jakarta Theatre, H. Harmoko,  mantan Menteri Penerangan Republik Indonesia,  mantan Ketua MPR/DPR dan mantan Ketua Umum Golongan Karya itu terlihat sehat dalam rangka merayakan ulang tahunnya ke-80.

Tahun lalu, 2018, jelang ulang tahunnya ke-79, 7 Februari 2018, tiga hari sebelumnya, Harmoko terlihat di Rumah Sakit Mitra, Jakarta Selatan. Ia terbaring dengan diinfus. Menurut keluarganya, Harmoko terserang infeksi paru-paru.

Ingat Harmoko, sudah tentu bangsa ini  ingat ketika massa ingin masuk ke Gedung MPR/DPR RI dalam aksi unjuk rasa saat tumbangnya penerintahan Presiden Soeharto.

www.cnnindonesia.com

Harmoko waktu itu sebagai Ketua MPR/DPR RI dan wakil-wakilnya menyarankan agar Soeharto mundur saja dan ia mundur. Jabatan Presiden RI diserahkan kepada wakilnya BJ Habibie.

Baca juga: Seandainya Harmoko yang Jadi Menkominfo

Aksi demo kemudian berakhir dengan meluapkan rasa gembiranya di Gedung MPR/DPR. Mereka memenuhi puncak gedung yang setengah melingkar itu, bahkan ada yang menceburkan kegembiraanya di kolam di depan gedung tersebut. 

Era baru telah dimulau. Era Reformasi. Nama Harmoko waktu itu dihujat, karena dia dianggap bertanggung-jawab atas turunnya Soeharto. Pada waktu itu Harmoko menjabat sebagai Ketua MPR/DPR RI. 

Beliau pula pada saat-saat kritis itu meminta Soeharto mundur, karena maraknya aksi unjuk rasa di berbagai daerah meminta agar Presiden Soeharto mundur.

Saya dan Pak Harmoko (Foto Pribadi)

Buat Harmoko pada saat itu saat sulit menentukan pilihan. Ia pada saat bersamaan memimpin wakil-wakil rakyat. Wakil rakyat menghendaki agar Soeharto mundur. Tidak ada jalan lain, sebagai pimpinanan, maka Harmoko harus mengikuti kehendak wakil-wakil rakyat. Itu pada satu sisi. 

Pada sisi yang lain, siapa yang tidak tahu kedekatan Harmoko dengan Soeharto. Ungkapan yang selalu muncul waktu itu ketika sebelumnya menjabat Menteri Penerangan RI, " sesuai petunjuk Bapak Presiden."  

Baca juga: Harmoko Itu Boleh Jadi Paham Betul tentang Sejarah Supersemar

Harmoko adalah "kesayangan" Soeharto saat itu. Turunnya  Soeharto memang memunculkan hal-hal tidak enak di telinga anak didiknya itu. Harmoko dianggap penghianat. 

Bahkan ketika Harmoko menjenguk ke rumah sakit saat Soeharto sakit, tidak diizinkan bertemu dengan beliau.  Inilah politik. Tidak ada persahabtan sejati, yang ada adalah kepentingan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline