Lihat ke Halaman Asli

Darwin

Dosen, CTO, COO, Trainer, Public Speaker

Rahasia Berpikir Terbalik

Diperbarui: 10 November 2019   17:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

freepik.com

Beberapa kalimat seperti di bawah ini pasti sudah sering kita dengar:

1. Dunia sudah terbalik jika dia berubah menjadi baik.

2. Ucapan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

3. Waktu tidur sudah terbalik, pagi menjadi malam, dan malam menjadi pagi.

4. Zaman sudah terbalik.

Kata "terbalik" bersifat unik (istilah trend sekarang ini  adalah anti mainstream) sehingga sering digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu secara denotasi maupun konotasi. Membalikkan sesuatu dapat berubah menjadi masalah jika tidak dikondisikan dengan baik. 

Misalnya ketika bermaksud memberikan kejutan ulang tahun kepada seseorang. Jika kejutan yang diberikan berpotensi membahayakan nyawa seseorang, maka harus kita hindari. Bagi orang yang menyediakan kejutan mungkin merasa lucu dan menyenangkan, tetapi pernah tidak memikirkan perasaaan orang yang akan dikejutkan? 

Ketika seorang pengangguran belum mendapatkan pekerjaan, tidak memiliki uang, dan meminta bantuan kita, bagaimana tindakan yang seharusnya kita lakukan? 

Kita boleh membantu sedikit uang, tetapi tidak boleh dilakukan secara terus-menerus. Jika dilakukan terus, cepat atau lambat dia bisa menjadi seorang pemalas dan secara tidak langsung muncul pemikiran ketika tidak punya uang, tinggal minta saja kepada kita. 

Di sini kita harus berpikir terbalik (jika terjadi untuk kedua atau ketiga kalinya), kita tidak boleh lagi membantu dalam bentuk uang, melainkan moril atau informasi lowongan pekerjaan sehingga dia bisa berusaha sendiri. 

Apakah kejam? Jawabannya adalah TIDAK. Seperti ketika hanya seekor ikan kecil yang dimasukkan ke dalam akuarium, dia tidak memiliki ancaman hidup sehingga dia merasa aman dan nyaman. Dia menikmati hidup amannya dan tidak bisa berumur panjang. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline