Lihat ke Halaman Asli

Darwin Kalbar

Guru Informatika SMAN 1 Toho

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

Diperbarui: 27 April 2023   21:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: canva.com and editing

Jurnal refleksi diri saya selama mengikuti pembelajaran modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi, Pada refleksi kali ini saya menggunakan model 4 P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.

1.    Peristiwa (FACTS)

Modul 2.1 dengan materi Pembelajaran berdiferensiasi ,Perjalanan mempelajari modul 2.1 merupakan kelanjutan dari modul sebelumnya yaitu modul 1. Kegiatan diawali dengan pre-test dengan soal sebanyak 30 soal, selanjutnya seperti pada modul sebelumnya Pembelajaran menggunakan alur MERDEKA (Mulai dari diri sendiri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antar materi, dan Aksi nyata).

Kegiatan pertama adalah "mulai dari diri". Pada kegiatan ini, CGP diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi. Menonton sebuah video dan memberikan pendapat tentang video tersebut. Menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang saat ini Anda miliki terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi. Aktivitas selanjutnya pada hari Selasa sampai Kamis, tanggal 9 s.d 13 Februari 2023 adalah Eksplorasi Konsep.

Eksplorasi konsep ini merupakan dasar untuk mengetahui apa dan bagaimana tentang Pembelajaran Berdiferensiasi. Selain kegiatan berselancar di LMS, saya juga dijadwalkan untuk Pendampingan Individu 2 Bersama pengajar praktik saya yaitu Bpk Eko Andriono pada tanggal 9 Februari 2023, dan saya pun mengikuti Lokakarya 2 pada tanggal 11 Februari 2023, banyak pengetahuan dan pengalaman saling berbagi dan berkolaborasi. dan selanjutnya berdiskusi pada ruang kolaborasi sesi pertama pada 14 Februari 2023, kebetulan kelompok saya kelompok 3 yang terdiri dari 3 orang peserta jenjang SMA yaitu dengan Ibu Multiani dan Ibu Lina Cahyana. Kegiatan ini sangat berarti bagi saya karena begitu banyak pelajaran yang dapat saya petik dari kedua rekan hebat saya,  Dan pada hari rabu 15 Februari 2023 bertatap maya lagi di ruang kolaborasi sesi 2, untuk mempresentasikan hasil diskusi. Antar kelompok Saling berbagi dan berpendapat untuk menguatkan dalam mempelajari dan mencoba menerapkan pembelajaran diferensiasi ini.

Membuat rencana pembelajaran yang mampu mengakomodir semua kebutuhan murid. Dengan beberapa perbaikan, rencana pembelajaran yang dibuat di kumpulkan dalam tugas kolaborasi yaitu RPP pembelajaran berdiferensiasi. Pada Demonstrasi kontekstual, CGP diminta untuk membuat rencana pembelajaran yang berdiferensiasi. Dengan beberapa pedoman/kriteria yang sudah disediakan di LMS.

2.     Perasaan (Feeling)

Saat pertama saya melihat judul materinya pembelajaran berdiferensiasi, saya masih belum familiar dengan kata berdiferensiasi, namun setelah membaca rangkaian materi pada LMS saya baru memahami ternyata pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang di butuhkan oleh murid pembelajaran yang memenuhi kebutuhan murid sesuai minat murid. Saya merasa senang mengikuti dan mendapatkan kesempatan untuk mempelajari modul ini, karena memang  terkadang saya hanya menyajikan satu media saja pada pemberian materi sedangkan kebutuhan siswa/gaya belajar siswa beragam. Ada siswa yang belajar melalui audio,visual,dan kinestetik.

Dengan keberagaman gaya belajar siswa maka seorang guru harus dapat memenuhi kebutuhan belajarnya begitu juga dalam menyajikan produk hasil belajar. Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengekspresikan hasil karyanya dalam berbagai hasil karya sesuai minat dan bakat siswa.

Saya merasa bersemangat dan senang pada proses belajar di modul 2.1 karena  mendapatkan pengetahuan baru sebagai seorang pendidik harus mampu memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan setiap muridnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline