Lihat ke Halaman Asli

Tembak di tempat...sebagai upaya penanganan tawuran

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mungkin para pembaca akan kaget membaca  judul di atas, banyak yang berpendapat hal tersebut bertentangan dengan Hak Asasi Manusia.

Tawuran yang selama ini  marak terjadi  semakin parah, kalau dahulu hanya sebatas antar anak  SMU, saat ini sudah antar kelompok, antar warga, dan sangat berpotensi sekali menjadi konflik horizontal yang lebih luas.

Dan sekali lagi, kalau kita perhatikan, aparat keamanan tidak bisa berbuat banyak.

Walaupun bukan maksud saya untuk membangkitkan kembali "romantisme" kekerasan seperti di masa orde baru, namun tawuran yang terjadi juga adalah tindakan melanggar HAM. Tetapi perintah Tembak di Tempat bagi para pelaku tawuran  tentu bersyarat. yaitu :

1. Dilakukan oleh aparat yang memiliki skill dan kemampuan menggunakan senjata  tingkat tinggi, artinya obyek tembak adalah kaki dari para pelaku tawuran, dan menggunakan peluru karet, jangan peluru tajam.

2. Dilakukan kepada pelaku yang dinilai sangat brutal, membawa senjata tajam misalnya, atau provokator.

Upaya ini saya nilai akan efektif meminimalkan tawuran, karena dampaknya masyarakat akan berpikir ulang untuk melakukan tindak kekerasan, kedua pihak aparat akan lebih memiliki wibawa, walaupun  resiko dan dampaknya sangat besat, tapi setiap langkah pasti juga memiliki resiko sendiri.

Salam




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline