Erection girder adalah kegiatan instalasi balok girder jembatan pada tumpuannya berupa abutment. Pada pelaksanaannya terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan, beberapa diantaranya adalah erection dengan metode crane, metode launcher gantry, dan metode portal gantry.
Underpass kadirejo merupakan salah satu konstruksi pada proyek Jalan Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulonprogo seksi 1.1 yang berada pada sta 17+400. Konstruksi underpass tersebut menggunakan balok girder dengan bentang 16 m sebanyak 9 buah. Balok girder ini ditopang dengan abutment. Pada saat pekerjaan erection sebelumnya dilakukan TBM (Toolbox Meeting) untuk pengarahan K3 agar pekerjaan tetap aman dan mengutamakan keselamatan kerja.
Untuk proses erection dikarena bentang girder cuma 16 m makadapat menggunakan metode single crane dan memasang spider beam agar tidak terjadi keretakan pada balok girder saat diangkat. Pada saat erection girder ini dilakukan buka tutup jalan bergantian setiap satu girder. Dikarenakan tidak terdapat jalan akses pengganti. Pekerjaan erection girder underpass kadirejo selesai dilaksanakan dengan durasi 1 hari untuk 9 bentang tiap bentang memakan waktu instalasi sekitar 15-20 menit.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H