Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN-TIP UPN "Veteran" Jawa Timur Gerakkan Pemilahan Sampah di Pondok Darul Musthafa Solo

Diperbarui: 21 Agustus 2023   08:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

                                                                  

Karanganyar- Kegiatan pemilahan sampah di Indonesia ternyata masih kurang. Masyarakat masih sulit membiasakan diri membuang sampah sesuai jenis. Padahal, pemilahan sampah penting agar sampah dapat Kembali dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai guna mempunyai value.

Menurut data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2018 mencatat jumlah sampah di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun dan sebanyak 64 persen berakhir di TPA. Menurut data dari BPS, pada tahun tersebut tingkat perilaku tidak memilah sampah sebelum dibuang masih sangat tinggi yaitu 81,16 persen.

"Kunci utama suksesnya pengelolaan sampah sampah termasuk daur ulang itu adalah pemilahan. Yang paling baik adalah pemilahan yang bersumber di beberapa tempat seperti rumah, kantor, sekolah dan lainnya," kata Kepala Sub Direktorat Barang dan Kemasan Kementrian LHK Ujang Solihin Sidik di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ujang mencontohkan negara maju seperti Jepang sudah mulai melakukan pemilahan sampah rumah tangga yang mencapai 22 jenis.

Di Indonesia, Ujang menjelaskan pemerintah sudah menggalakan pemilahan sampah. Namun, masyarakat masih belum memiliki kesadaran untuk menjalankan program ini.

"Tidak perlu sampai 22 jenis. Cukup memilah 2 saja organik dan anorganik," ujarnya.

Sampah organik merupakan sampah yang dapat membusuk seperti sisa dapur dan sampah makanan. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang dihasilkan dari proses teknologi seperti logam, plastic, kaleng dan sebagainya.

                                             

Dokpri

Maka dari itu kelompok KKN asal UPN "Veteran" Jawa Timur dibawah naungan LPPM dibawah bimbingan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) Bapak Asif Faroqi, S.Kom., M.Kom turut berkontribusi agar pemilahan sampah dapat berjalan optimal. Langkah tersebut dilakukan dimulai dari mencontohkan skala kecil yakni di lingkungan sekolah. Mereka melakukannya dengan mempraktekkan sendiri, lalu memberikan edukasi ke lingkungan sekolah di Pondok Pesantren Darul Musthafa Karang Pandan, Solo. Mereka melakukannya dengan cara membeli 2 tempat yang akan digunakan sebagai wadah sampah. Lalu masing-masing wadah tersebut yang satu diberi nama organik yang berarti untuk meletakkan sampah organik selanjutnya diberi nama non-organik yang berarti digunakan untuk sampah non-organik. Selanjutnya jika sampah organik sudah terkumpul dimasukkan kedalam karung untuk diberi cairan atau larutan EM-4 (Effetive Microorganisms) lalu ditutup, larutan EM-4 sendiri memiliki fungsi untuk mempercepat dekomposisi bahan organik dan mengurangi bau yang tidak sedap.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline