Lihat ke Halaman Asli

Darsono

Guru SMK Negeri 6 Surakarta

3.3.a.6 Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program Berdampak pada Murid

Diperbarui: 8 Juni 2022   15:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagan Tahapan Pelaksanaan (Dokpri)

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

  1. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid?

Saya mencatat beberapa hal dalam memahami pengelolaan program yang berdampak pada murid yakni Hal yang menarik adalah sebagai berikut :

  1. Saya mampu menentukan sebuah kegiatan yang memunculkan ide siswa, ide yang murni dari siswa untuk kepentingan bersama.
  2. Saya mampu menentukan skala prioritas ide dan gagasan mana yang sesuai kebutuhan siswa dan sekolah bisa diterapkan
  3. Tiga aspek penting kepemimpinan siswa yakni Suara (Voice), Pilihan (Choice) dan Kepemilikan (Ownership) dalam hal ini saya berdiskusi banyak dengan teman-teman guru CGP dan teman sejawat untuk menemukan bentuk program dan strategi yang tepat untuk menyediakan kegiatan siswa dari tiga aspek tersebut.
  4. Saya mampu menyerahkan program yang berpihak pada murid baik suara, pilihan dan kepemilikan, sehingga kegiatan dapat diterapkan berkelanjutan.

2. Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid?

Hal yang terbaru saya temukan pada Modul Kepemimpinan Berdampak pada Murid dalam pengelolaan pembelajaran baik intra, ko dan ekstra kurikuler adalah:

Ide digali dan diusulkan oleh siswa menjadi program sekolah

Program diterapkan dari siswa oleh siswa untuk siswa dan dievaluasi oleh guru sebagai pendamping.

Program Intra, Ko dan Ekstra Kurikuler dikemas untuk memberi kesempatan siswa mengembangkan kegiatan yang kreatif dan menyenangkan.

  1. Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?

Setelah mempelajari dan memahami materi mengenai pengelolaan program yang berdampak pada murid, saya akan melakukan beberapa perubahan dalam membuat suatu program, yaitu:

  • Melakukan pemetaan
  • Gali Ide
  • Pengelolaan Data
  • Konsultasi
  • Membentuk Tim Kerja
  • Sosialisasi
  • Launching

Melakukan monitoring dan evaluasi dalam pengelolaan program

  1. Apa yang menantang bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline