Lihat ke Halaman Asli

Darsono

Guru SMK Negeri 6 Surakarta

Jurnal 21 - Pemimpin Pengelolaan Aset/Modal 7 Sebagai Potensi Kemajuan Sekolah

Diperbarui: 30 Mei 2022   15:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

JURNAL REFLEKSI MINGGU 21 -- PENERAPAN PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

Selamat Pagi Guru Hebat,

Pada jurnal refleksi Minggu ke 21 ini, saya menggunakan model 4C yang dikembangkan oleh Ritchart, Church dan Morrison (2011) yang cocok dalam mereflesikan materi pembelajaran Modul 3.2 Pemimpin pengelolaan aset ini. Ada beberapa pertanyaan kunci yang menjadi panduan dalam membuat refleksi model ini, yaitu :

  • Connection: Apa keterkaitan materi yang didapat dengan peran Anda sebagai Calon Guru
    Penggerak?

Koneksi antar materi Modul 3.2 Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya dengan modul-modul sebelumnya sangat terkait, keterkaitan itu saya rangkum dalam Jurnal Koneksi Antar Materi berikut :

Kaitan KSE dengan Modul 3.2 adalah bahwa fokus belajar pada kompetensi sosial emosional dan Modul 3.2 memantapkan lagi dengan pemetaan, pengelolaan aset (7 Modal) salah satunya adalah modal Sosial. Modal Sosial ini yang dikelola pemimpin pengelola aset berupa budaya, toleransi, kondisi sosial ekonomi masyarakat. 

Potensi yang ada di sekitaran sekolah seperti potensi kelurahan, kecamatan dan kota/kab merupakan kekuatan tambahan untuk sekolah yang patut diperhitungkan guna meningkatkan kemajuan sekolah. 

Melalui pendekatan, kolaborasi baik di tingkat kelurahan, kecamatan atau kota/kab dengan kerjasama di berbagai bidang dalam wadah komunitas praktisi seperti rapat tahunan, rapat komite, rapat antar lintas sektoral untuk membicarakan sesuatu hal yang berhubungan dengan guru dan siswa menjadi sangat berguna bagi sekolah. 

Kegiatan bisa berupa menjaga kebersihan lingkungan sekolah, edukasi buang sampah yang pada tempatnya pun berkenaan dengan kegiatan budaya, seni dan keagamaan yang bisa disinkronkan dengan kegiatan sekolah.

Kaitan dengan modul 3.2 adalah fenomena yang menarik bahwa pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran didasari atas pemetaan aset/modal sekolah (7 Modal) yang mengunakan pendekatan konstruktif melalui pendekatan komunitas berbasis aset (PKBA) artinya melihat aset/modal dari sudut pandang positif bukan sudut pandang negatif, sehingga seorang pemimpin dalam mengambil keputusan bukan hanya menemukan masalah lalu mengatasinya tetapi menggali potensi untuk dikembangkan lebih dalam. Pola membuat pertanyaan pun dikelola yang biasanya ada masalah apa ? kenapa masalah ini terjadi ? Bagaimana sebelum kasus ini terjadi ? dan seterusnya. 

Pertanyaan pengelolaan aset berbasis PKBA berubah menjadi " Apa yang sudah dikerjakan ? seberapa besar potensinya ? bagaimana mengembangkan lebih jauh lagi ? Bagaimana bila ditambah personil sehingga bisa semakin kuat dan daya dorongnya tinggi ? dan seterusnya.

  • Challenge: Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik
    yang Anda jalankan selama ini?
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline