Lihat ke Halaman Asli

Penggunaan Narkoba di Kalangan Remaja

Diperbarui: 28 April 2024   19:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan

Narkoba  merupakan obat obatan yang terlarang dikarenakan dapat memicu berbagai dampak berbahaya pada kesehatan, menurut Badan  Narkotika Nasional (BNN) narkoba adalah zat atau obat, baik yang bersifat alami, sintetis, maupun semi sintetis, yang dapat menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, dan daya rangsang dan penyalahgunaan narkoba terutama di kalangan remaja sekarang menjadi hal yang sering terjadi. Narkoba sendiri menyebabkan banyak masalah kesehatan mulai dari merusak kesehatan jantung, gangguan kesuburan, kualitas hidup yang terganggu bahkan kematian.

Hal ini  menjadi isu yang besar dan mengkhawatirkan di Indonesia, walaupun banyak upaya yang sudah dilakukan untuk mengurangi penggunaan narkoba namun masih banyak remaja yang terjerumus dalam penggunaan obat terlarang ini, sehingga jika penggunaan narkoba tidak diatasi dengan baik hal ini dapat menyebabkan bencana nasional yang mengancam negara ini. Maka dari itu, artikel ini akan menganalisis  penyebab dan akibat dari penggunaan narkoba di kalangan remaja yang sedang marak serta solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi masalah ini.

Penyebab pemakaian narkoba

Kebanyakan dari para remaja yang terjerumus dalam pemakain narkoba dikarenakan para remaja ingin mencari sensasi yang baru dimana memakai narkoba akan membantu mereka dalam menghilangkan stress dengan memberikan rasa nyaman dan gembira. Para remaja in juga ingin memenuhi rasa ingin tau mereka terhadap sesuatu yang menantang dan berbahaya. Para remaja juga mengira bahwa solusi terhadap masalah hidup mereka ialah menggunakan narkoba untuk menghilangkan rasa stress,sedih,marah dst. 

Padahal penggunaan narkoba bukannya membantu menghilangkan rasa stress tetapi membuat pemakainya tercandu dan jatuh dalam siklus berbahaya ini yang tentunya dapat mengakibatkan kematian. Remaja sekarang juga suka mengikuti kelompok sebaya mereka dalam penggunaan narkoba, para remaja menggangap bahwa menggunakan narkoba terlihat keren dan terlihat lebih dewasa, sehingga membuat mereka menggunakan  narkoba agar menginginkan rasa di terima oleh kelompok sebaya mereka.

Pemakaian narkoba sendiri tidak memandang umur, masa remaja merupakan masa peralihan dari anak anak ke dewasa. Pemakaian narkoba lebih rentan ke remaja dikarenakan keinginan mencoba coba,mengikuti trend atau gaya hidup walaupun sifat ini normal bagi seorang remaja dalam fase mereka, namun hal inilah yang menjadi pendorong bagi remaja untuk menggunakan narkoba. Karena masa remaja merupakan fase yang krucial dalam pembentukan karakter dewasa maka penyalahgunaan narkoba akan merengut para remaja dari masa depan yang cerah.

  Berikut ini merupakan alasan mengapa remaja sekarang bisa terjerumus dalam penggunaan narkoba:

1.) Rasa ingin tahu dan mencoba

Awal mula penggunaan narkoba selalu di mulai dari rasa penasaran/rasa ingin tahu dari remaja, pada remaja rasa ingin tahu yang belum bisa terkendali membuat mereka terbawa arus negatif dan berujung pada penggunaan narkoba.

2.) Jiwa bebas yang membara

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline