Lihat ke Halaman Asli

Daro Eko Wahab

Penyuluh Kehutanan Pada Dinas Kehutanan Provinsi Lampung

Mengambil Makna Kebersamaan Kepala Dinas dan Penyuluh Kehutanan Lampung

Diperbarui: 10 Desember 2021   18:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Kebersamaan Penyuluh di Sela Senam Bersama (doc pribadi)

Pada hari ini Jumat tanggal 10 Desember 2021 Penyuluh kehutanan Se-provinsi Lampung mengadakan senam bersama di Halaman Parkir Dinas Kehutanan Provinsi Lampung.  Hadir dalam acara senam ini Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, kepala Bidang Penyuluhan Pemberdayaan Masyarakat dan Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem, Kepala Seksi Penyuluhan, Kepala KPH, jajaran Penyuluh Dinas dan Penyuluh kehutanan dari tujuh belas Kesatuan Pengelolaan Hutan.

Acara senam bersama ini didahului dengan arahan dari Kepala Dinas Kehutanan Ir. Y. Ruchyansyah kepada para penyuluh.  Kepala Dinas menyampaikan beberapa hal yang perlu dilakukan oleh para penyuluh kehutanan.  Hal itu antara lain, Kepala Penyuluh Kehutanan untuk selalu menjaga kekompakan dengan para pihak di KTH baik penjabat struktural maupun fungsional yang lain. Selanjutnya kepala Dinas Kehutanan juga menekankan tentang pentingnya menghormati para senior penyuluh kehutanan khususnya para calon Penyuluh kehutanan, jangan sampai merasa paling pandai. 

Setelah arahan Kepala dinas selesai dilanjutkan dengan acara inti senam bersama dan dilanjutkan dengan pisah sambut dari kepala seksi penyuluhan yang lama dan Kepala seksi Penyuluhan yang baru. 

Acara senam bersama seperti ini merupakan kelanjutan dari acara sebelumnya yaitu senam bersama kepala Dinas Kehutanan dengan polisi Kehutanan ada beberapa hal yang dapat dimaknai dari acara seperti ini. Pertemuan antara Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung dengan Penyuluh kehutanan yang berada di tingkat tapak dapat menjadi shyort cut atau kebijakan untuk langsung diterima oleh pelaku pelaksana yang berhubungan langsung dengan masyarakat. 

Pertemuan ini dapat dimaknai sebagai bagian dari mendengar aspirasi dari para penyuluh kehutanan dengan Kepala Dinas Kehutanan. Di lain pihak penyuluh kehutanan perlu diberikan motivasi dan dukungan dari kepala Dinas Kehutanan. Secara umum pertemuan ini diharapkan mampu menjadi momentum silahturahmi yang baik untuk meningkatkan kinerja Penyuluh kehutanan dan pembangunan kehutanan dalam arti luas.

Penyuluh Kehutanan  yang kesehariannya berada di masyarakat sekitar hutan pada waktu tertentu juga perlu mendapatkan peningkatan kapasitas dan kompetensi sekaligus sebagai pembaruan informasi bidang pembangunan khususnya penyuluhan kehutanan.

Pertemuan Kepala Dinas dengan Penyuluh kehutanan merupakan suatu terobosan yang baik oleh dinas Kehutanan untuk mendekatkan pimpinan dinas Kehutanan diantara penyuluh Kehutanan sehingga menghilangkan sekat-sekat diroperasi. Pertemuan seperti ini sangat baik untuk dilanjutkan sebagai agenda tetap dengan tema tema isu pembangunan kehutanan yang lebih spesifik. Misalnya tema perhutanan sosial, illegal logging, pengembangan hasil hutan bukan kayu, dan tema tema yang lain serta dengan para pihak yang berkepentingan dan tempat yang berbeda.  Kebersamaan seperti ini juga perlu dilakukan di tempat yang mampu memberikan inspirasi bagi penyuluh dan para pihak untuk lebih memajukan kehutanan dan masyarakat para pelaku usaha kehutanan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline