Pendampingan Individu 1 untuk Calon Guru Penggerak pada SLB Negeri Baturaja terlaksana pada hari Kamis tanggal 24 November 2022. Rencana Tindak Lanjut (RTL) dibutuhkan sebagai implementasi kegiatan yang berkelanjutan dari Pendampingan Individu 1 yang telah dilaksanakan yang bertujuan untuk memudahkan Calon Guru Penggerak dalam implementasi program ke depannya. Bukan saja terkait bentuk-bentuk program lanjutan, melainkan juga bentuk-bentuk intervensi pihak lain untuk menyelenggarakan program sejenis yang lainnya.
Dalam menyusun sebuah RTL membutuhkan perencanaan yang matang, sehingga RTL dapattersusun dengan baik sesuai dengan program yang dijalankan. Penyusunan RTL juga memerlukan pertimbangan aset ilmu yang telah dimiliki oleh Calon Guru Penggerak dan akan dikembangkan di sekolah ataupun komunitasnya, termasuk di dalamnya adalah sumber daya manusia sebagai aset untuk koordinasi dan kolaborasi.
Berikut RTL yang akan dilaksanakan setelah mempelajari keseluruhan materi pada Modul 1 Paradigma dan Visi Guru Penggerak.
1. Mengembangkan pengetahuan pendidik tentang filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara sesuai dengan kodrat alam dan kodrat jaman yang dimiliki anak.
2. Melaksanakan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan dalam komunitas praktisi sekolah melalui pelatihan penyusunan kurikulum dan perangkat pembelajaran. Tujuan dilaksanakan pelatihan tersebut adalah untuk mempersiapkan sekolah menghadapi kurikulum merdeka dan pembelajaran era digital yang pada akhirnya berdampak pada murid SLB Negeri Baturaja. Program dilaksanakan dalam bentuk pelatihan-pelatihan secara rutin setiap bulan;
3. Mengelola program berdampak pada murid di tingkat sekolah, terutama terkait literasi digital. Tujuan utama program ini adalah meningkatkan kemampuan murid dalam literasi digital di kelas secara komunal di sekolah.
4. Menyelenggarakan pelatihan komputer bagi murid. Tujuannya untuk mempersiapkan kemampuan murid dalam memanfaatkan komputer sebagai persiapan mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).
5. Mengembangkan budaya positif literasi dalam bentuk kesepakatan kelas ke tingkat komunal sekolah. Tujuannya agar budaya positif literasi dalam bentuk kesepakatan kelas dapat dilaksanakan di semua kelas yang ada di sekolah.
6. Mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan bagi murid dalam proses pembelajaran di kelas. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berpusat pada murid.
Demikian RTL yang akan dilaksanakan ke depannya. RTL yang disusun bersifat jangka panjang dan berkelanjutan. Pelaksanaan masing-masing program disesuaikan dengan situasi dan kondisi di sekolah. Sebelum implementasi RTL terlebih dahulu diperlukan koordinasi dengan Kepala Sekolah, rekan sejawat dan seluruh warga sekolah tanpa terkecuali dengan murid dengan tujuan agar semua program tindak lanjut dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
red. Darmawan Kristianto, S.Pd