Lihat ke Halaman Asli

Darma BC

Penulis di berbabagai media

Konde

Diperbarui: 7 April 2018   11:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Akhir-akhir ini kata konde selalu banyak dibicarakan. Ia dibicarakan bukan karena ukuran kecil besarnya, bukan pula karena bentuk rupanya, apalagi karena harganya.

Kon*de /kond/ n gelung rambut; sanggul; kundai; (KBBI), dulu di bawah tahun sembilan puluhan masih banyak terlihat.

Masih jelas terkenang di mata ini, ketika acara-acara besar di negeri ini konde selalu menghiasi rambut para wanita. Berbagai macam bentuk rupanya.Bentuk dan jenis konde sangat bervariasi. Mulai dari tradisional seperti sanggul ukel agung, sanggul bokor, sanggul ukel konde, dan sanggul ukel tekuk.

Sanggul ukel agung istilah untuk konde kupu-kupu. Konde ini berhiaskan bunga mawar, kenanga, dan melati. Konde ini banyak dipakai wanita ketika menjadi pengantin.

Konde sanggul bokor berbentuk tempurung kelapa. Dengan tusuk konde yang pariatif, konde ini dapat menunjukkan derajat sang pemakai. Tusuk konde mulai dari kawat, besi, perak, sampai emas. Ukuran besar kecilnya disesuaikan pula dengan status sipemakai. Jika belum menikah, akan menggunakan yang berukuran kecil, demikian sebaliknya.

Sanggul ukel konde, konde yang berasal dari rambut asli si pemakai. Bagi wanita yang rambutnya panjang biasanya lebih senang dengan konde jenis yang satu ini. Ia bebas mengkreasikan bentuk kondenya. Terlihat anggun dan lebih sesuai jika ia dapat menata sesuai dengan besar kepala dan lebar ukuran muka.

Sanggul ukel tekuk adalah jenis konde yang dipakai para wanita kerajaan pada masa lalu. Para puteri raja, ibu suri, selir, dan dayang-dayang menggunakan jenis ini. Konde ini di tengarai sanggul puteri berdarah biru. Untuk membedakan  permaisuri, ibu suri, selir, ataupun dayang-dayang, dengan melihat tusuk kondenya. Semakin tinggi derajatnya maka tusuk kondenya pun semakin unik dan terbuat dari bahan yang semakin mahal.

Sementara jenis konde modern dapat berjenis cepol, kepang, tiara, bunga, kristal, plintir, dan sarang tawon. Ada pula yang mengikut konde artis seperti BCL,   Manohara, dan Iyet Bustami.

Konde modern ini tidak terikat pada kebesaran tusuknya. Tidak pula terikat pada besar kecilnya. Konde ini biasanya menyesuaikan acara dan peran sipemakai pada acara yang akan dihadirinya. Tema acara menjadi penentu gaya dan jenis konde. Sangat variatif dan mudah digunakan.

Begitulah bentuk dan jenis yang banyak digunakan pada masa dulu hingga pada masa kini.

Kembali lagi pada bahasan awal bahwa pembicaraan konde akhir-akhir ini, karena sebuah puisi dari puteri Sang Proklamator, Sukmawati Sukarno. Ia bermaksud membanggakan budaya nasional diantaranya konde ini. Sayangnya ia membandingkan dengan jilbab.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline