Lihat ke Halaman Asli

Senja Kala Kepemimpinan Priyayi

Diperbarui: 17 Juni 2015   18:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menarik menyimak kunjungan pertama Presiden Jokowi ke sejumlah propinsi di Pulau Sulawesi yang dilaksanakan pada hari ini.  Beberapa situs berita  online menulis bahwa kunjungan kepala negara kali ini berbeda dari biasanya karena miskin protokoler dan sepi acara seremonial alias dilaksanakan apa adanya. Tidak ada tarian paduppa, tidak ada paduan suara, tidak nampak jejeran anak sekolah berdiri di pinggir jalan bahkan  umbul-umbul pun tidak banyak terpasang.  Tentu hal ini terasa sedikit aneh  dan tidak biasa bagi para pejabat pemerintah di daerah dalam menyambut kedatangan pemimpin dari  ibu kota negara.  Konon hal ini adalah keinginan dari sang presiden sendiri yang tidak ingin membuat repot tuan rumah.

Ingatan kembali melayang saat masih duduk di bangku sekolah dasar beberapa dekade yang lalu di desa tanah kelahiran saya yang juga di pelosok Sulawesi.  Pada saat itu kedatangan para pejabat negara ke daerah kami biasa disambut penuh antusias oleh segenap lapisan masyarakat.  Segala sesuatu harus dipersiapkan sebaik mungkin bahkan jauh hari sebelumnya.  Aparat pemerintah dalam semua tingkatan dikerahkan untuk memastikan segala sesuatu yang berhubungan dengan acara tersebut nantinya akan berkenan di hati para pejabat dari ibukota negara.  Bagi kami para murid sekolah, kedatangan pembesar di daerah kami sangat dinanti  karena itu berarti sekolah akan diliburkan.  Biasanya akan ada pengumuman dari sekolah bahwa  pada hari penyambutan tersebut proses belajar akan diliburkan berhubung  para guru dan murid akan dikerahkan untuk menyambut kedatangan sang pembesar. Kami tetap diwajibkan untuk mengenakan seragam sekolah dan harus bersiap dari pagi hari berdiri dipinggir jalan untuk menyambut rombongan pejabat negara sambil mengibarkan bendera kecil. Seragam  sekolah terbaik akan kami kenakan lengkap dengan sepatu dan dasi baru, padahal dalam keseharian  kadang hanya memakai sandal jepit ke sekolah. Kedatangan pembesar dan rombongan adalah hajatan semua pihak dan merupakan suatu kehormatan untuk menyambut kedatangan mereka.  Semua harus terlihat  ‘perfect’ dan tampak bersemangat menyambut sang pembesar sambil mengibarkan bendera kecil, sekalipun sang pembesar hanya sekejap melintas  dalam mobil mewah dengan iringan voorijder.  Untuk momen yang hanya sekejap itu  kami harus rela   berdiri selama beberapa jam di pinggir jalan di bawah terik matahari  yang menyengat.

Sampai saat ini tradisi penyambutan pejabat dari ibu kota negara belum banyak berubah polanya. Dalam setiap acara yang dihelat oleh pemerintah daerah unsur seremonial dan segala pernak-perniknya sangatlah penting. Sebagai masyarakat yang masih memegang adat ketimuran yang sangat menghargai tamu, adalah pamali dan akan mencoreng muka sendiri apabila menyambut tamu secara apa adanya.  Pemandangan lazim disaksikan apabila tuan rumah menyambut kedatangan sang pembesar dengan mengalungkan untaian bunga atau kain adat terbaik  sebagai ungkapan selamat datang. Selanjutnya mempersilahkan sang pembesar duduk di tempat duduk yang telah dipersiapkan laksana singgasana.   Budaya penyambutan seperti  ini telah melekat dan menjadi pakem di seluruh pemerintah daerah dalam menyambut sang pejabat dari ibu kota negara.  Acara inti hanya berupa laporan tuan rumah yang tak boleh lupa menyebut sederet panjang nama para pejabat  yang hadir disertai ekspose keberhasilan yang dicapai. Setelah sambutan singkat yang disampaikan  acara  kemudian dilanjutkan serangkaian acara seremonial seperti pemotongan pita atau penandatangan prasasti.  Untuk kegiatan  pencanangan di lapangan kegiatan simbolis yang  akan dilakukan sang pembesar salah satunya seperti  menanam pohon pada lubang yang telah disiapkan atau mungkin peletakan batu pertama untuk kegiatan konstruksi.  Untuk kegiatan seperti itu seringkali  tuan rumah perlu melengkapi sang pejabat dengan sederet aksesoris seperti sarung tangan, topi, payung bahkan karpet merah menuju tempat prosesi acara.

Meskipun acara inti berlangsung hanya dalam hitungan menit atau jam, namun sumber daya yang dikerahkan pemerintah daerah tentu tidak sedikit.  Tidak terhitung berapa jumlah jam kerja para pegawai negeri  dari berbagai instansi yang terpotong akibat meninggalkan tugas pokok karena dilibatkan untuk acara seremonial tersebut.   Biaya konsumsi, dokumentasi, pengamanan, seragam panitia, atraksi budaya, paduan suara lengkap dengan perangkat panggung dan sound system yang terbaik harus dikerahkan untuk menyukseskan perhelatan tersebut.  Untuk acara atau kegiatan yang telah terjadwal setahun sebelumnya tidaklah merepotkan  karena dana kegiatan tentu sudah di siapkan dalam anggaran daerah, namun apabila  kunjungan sifatnya  insidentil dan kebetulan  ilaksanakan di penghujung tahun tentu mendatangkan kesulitan tersendiri bagi pemerintah daerah dari segi pendanaannya. Namun apapun itu ‘the show must go on’ karena nama baik sebagai tuan rumah adalah segala-galanya.

Kunjungan apa adanya yang dilakukan Presiden Jokowi pada hari ini di sejumlah tempat di Pulau Sulawesi bisa jadi adalah bagian dari Revolusi Mental yang didengungkan oleh beliau pada saat pilpres dahulu.  Presiden  Jokowi mengirimkan isyarat jelas bagi kalangan birokrasi pemerintah bahwa saatnya menciptakan budaya efisiensi  di segala bidang.   Presiden yang berpengalaman bertahun-tahun dalam bersentuhan dengan birokrasi pemerintahan tentunya paham betapa besar dana yang dapat disisihkan dari hasil efisiensi apabila sejumlah kegiatan seremonial tersebut bisa dikemas dengan cara yang lebih sederhana.  Mulai saat ini para menteri, gubernur, walikota/bupati  dengan sendirinya perlu menyesuaikan diri dengan etos kerja baru sang presiden dengan mengurangi serangkaian kegiatan seremonial yang boros sumber daya dengan mengalihkannya ke sektor yang lebih produktif.

Tentu sebagai tuan rumah amat lah patut  menyambut tamu sebaik-baiknya sebagai bentuk penghargaan atas kunjungannya namun akan terasa janggal jika dilaksanakan secara berlebih-lebihan.   Rakyat bisa jadi kagum dengan pola kepemimpinan priyayi yang adigang adigung yang diperlihatkan oleh sebagian pembesar  republik ini saat berkunjung ke pelosok negeri. Siapa yang tidak kagum dan nanar melihat simbol-simbol megah kenegaraan saat hadir di pelosok negeri.  Namun kedepan bisa jadi model kepemimpinan seperti ini akan mulai ditinggalkan oleh rakyat. Rakyat rupanya lebih mudah bersimpati  pada pemimpin yang sederhana, jujur, egaliter, apa adanya, interaksi tanpa sekat jarak dengan rakyat dan menempatkan diri sebagai pelayan masyarakat dalam arti yang sebenar-benarnya.  Tentu saja menyederhanakan tradisi penyambutan pejabat yang sudah berlangsung selama ini tidaklah mudah, untuk itu diperlukan contoh konkrit dari pejabat itu sendiri. Setidaknya Presiden Jokowi sudah membuktikan hal tersebut  dalam kunjungan pertamanya ke Sulawesi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline