Lihat ke Halaman Asli

Darin ArioFazrian

SMA Negeri 1 Padalang

Kritik Film Parasite

Diperbarui: 9 Maret 2021   23:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Parasite adalah film yang sangat booming di tahun 2019. Pasalnya film ini mengangkat tema yang sangat relate dengan kehidupan kita sehari hari yaitu perbedaan antara kehidupan orang kaya dan orang miskin. Film ini sangat disukai oleh banyak penonton karena pembawaan ceritanya yang menarik. Tak heran film ini memboyong banyak sekali penghargaan di antara 4 piala Oscar.

Film ini juga menimbulkan "perpecahan" di antara penonton karena cara pembawaan cerita film ini yang sebagian orang anggap rumit. Sebagian orang lainnya menyukai pembawaan cerita yang terkesan unik dan sangat kreatif. Film ini mendapatkan reaksi yang sangat beragam dan mendapat komentar yang sangat beragam pula.

Dalam trailer film ini, kita sudah sangat jelas melihat perbedaan kehidupan antara orang kaya dan orang miskin. Sangat terlihat jelas inti cerita yang di angkat sutradara film ini. Pengambilan tema yang sangat berhubungan dengan kehidupan sehari hari yang mungkin kita alami sendiri ini menjadikan film ini sangat seru untuk di tonton.

Namun penyampaian seluruh alur cerita film ini tidak bisa di tangkap oleh sebagian orang, karena terlalu banyak makna tersirat yang di sembunyikan dalam beberapa adegan film ini. Bagian akhir film ini juga masih dibilang menggantung karena tidak terlalu di jelaskan akhir cerita dari film ini. Kita penonton dibuat bingung menyimpulkan apa makna dari beberapa adegan film ini dan juga bagaimana cerita film ini berakhir.

Hal tersebut juga masuk ke poin plus terhadap penilaian film ini. Cara penyampaian ceritanya yang unik dan juga kreatif, dinilai sebagian orang sebagai masterpiece. Film ini sangat banyak memunculkan "irisan" kejadian yang sering sekali kita jumpai dalam kehidupan sehari - hari. Film ini juga sangat menggugah mata dengan cara pengambilan gambar yang sangat ciamik dan juga kualitas video yang sangat bagus.

Meskipun berhasil menampilkan gambar yang sangat indah dan cerita yang sangat unik, konflik dalam film ini terkesan sangat membingungkan. Selipan makna dari film ini pun banyak penonton yang melewatkannya karena terlalu sibuk dibuat berpikir apa maksud dari adegan -- adegan yang di tampilkan dalam film ini. Beberapa ekspresi dari pemeran film ini juga dirasa kurang menjiwai sehingga penonton kurang  mendapatkan feel emosi yang dirasakan para pemeran dalam film ini. Beberapa detail benda atau ornament dalam film ini juga sangat membingungkan, membuat penonton dipaksa memutar otak agar semua makna tersirat dalam film ini dapat ditangkap.

Film ini sangat seru untuk ditonton, terlebih lagi jika makna tersirat dalam beberapa adegan dibuat lebih mudah ditangkap dan lebih mudah di mengerti. Dan juga akhir film ini harus di perjelas agar tidak terkesan menggantung dan pastinya film ini akan lebih seru lagi

Darin Ario Fazrian Jajuli

XII MIPA 1




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline