Lihat ke Halaman Asli

e wallet dalam kehidupan sehari hari

Diperbarui: 17 Agustus 2024   08:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Pengertian:

      E-wallet yaitu aplikasi yang digunakan pengguna menyimpan dan mengelola uang secara elektronik. E-wallet memfasilitasi transaksi online dan offline, seperti pembayaran tagihan, pembelian barang, dan transfer uang, tanpa perlu uang tunai. Pengguna dapat mengakses e-wallet melalui perangkat seluler dengan koneksi internet, dan aplikasi ini sering terhubung dengan rekening bank atau kartu kredit. E-wallet menawarkan kemudahan, keamanan, serta berbagai promo menarik, Jika diartikan secara bahasa, electronic wallet atau e-wallet adalah dompet digital. Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat kita secara tidak langsung harus beradaptasi agar tidak tertinggal

.Pengertian e-wallet adalah bentuk layanan elektronik yang memiliki fungsi untuk menyimpan data dan alat pembayaran melalui kartu dan uang elektronik, hingga menampung dana yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran.

Sedangkan pengertian e-wallet menurut para ahli adalah metode pembayaran yang memungkinakan pengguna untuk melakukan pembayaran secara elektronik dengan menggunakan smartphone atau gadget.

Bisa dikatakan bahwa pengertian e-wallet adalah salah satu fitur dari financial technology yang bisa menjadi alternatif untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan internet. Singkatnya menjadi pengganti dompet fisik. Misalnya, kamu bisa menggunakannya untuk membeli voucher digital atau melakukan pembayaran barang dari e-commerce. Tidak hanya untuk melakukan transaksi online, dompet digital juga bisa digunakan sebagai metode pembayaran offline dengan bantuan teknologi QRIS

Ciri-ciri e-wallet:

1. Membutuhkan Aplikasi Mobile

Salah satu ciri utama dari layanan e-wallet adalah aplikasi mobile. Pengguna harus memiliki aplikasi e-wallet untuk bisa menggunakan layanan tersebut.

2. Pengisian Saldo Fleksibel

Pengisian saldo untuk e-wallet bisa dibilang lebih beragam karena biasanya tidak terikat pada satu bank tertentu. Pengguna bisa mengisi saldo melalui berbagai metode seperti transfer bank, kartu kredit, atau pembayaran di minimarket.

3. Contoh Populer di Indonesia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline