Lihat ke Halaman Asli

Teori Lev Vygotsky Dan Piaget Tentang Perkembangan Sosial Dan Kognitif

Diperbarui: 26 Januari 2025   10:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Teori perkembangan sosial dan kognitif dari Lev Vygotsky dan Jean Piaget memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana anak-anak tumbuh dan berkembang dalam konteks sosial dan kognitif. Meskipun kedua tokoh ini berfokus pada perkembangan anak, pendekatan dan pemikiran mereka memiliki beberapa perbedaan mendasar. Berikut ini adalah ringkasan dari kedua teori tersebut.

### Jean Piaget: Teori Perkembangan Kognitif

Jean Piaget adalah seorang psikolog Swiss yang dikenal dengan teorinya tentang perkembangan kognitif. Menurut Piaget, perkembangan anak terjadi melalui serangkaian tahap yang bersifat universal dan berurutan:

1. *Tahap Sensori-Motor (0-2 tahun)*: Pada tahap ini, anak belajar tentang dunia melalui indra dan tindakan fisik. Mereka mulai memahami objek dan konsep permanensi objek (objek tetap ada meskipun tidak terlihat).

2. *Tahap Praoperasional (2-7 tahun)*: Anak mulai menggunakan bahasa dan berimajinasi, tetapi berpikir masih egosentris, artinya mereka kesulitan melihat sudut pandang orang lain. Mereka sering kali tidak memahami konsep konservasi (jumlah tetap meskipun bentuknya berubah).

3. *Tahap Operasional Konkret (7-11 tahun)*: Anak mulai berpikir logis tetapi terbatas pada pengalaman konkret. Mereka dapat memahami konsep konservasi dan mampu melakukan operasi mental, tetapi masih kesulitan dengan ide yang abstrak.

4. *Tahap Operasional Formal (11 tahun ke atas)*: Pada tahap ini, anak sudah dapat berpikir abstrak dan logis. Mereka mampu merencanakan, memecahkan masalah, dan berpikir tentang kemungkinan.

Piaget menekankan bahwa anak-anak aktif dalam proses pembelajaran mereka, membangun pengetahuan melalui pengalaman dan interaksi dengan lingkungan. Ia percaya bahwa interaksi sosial juga penting, tetapi lebih sebagai sarana untuk membantu anak mengembangkan pemikiran mereka.

### Lev Vygotsky: Teori Perkembangan Sosial Kognitif

Lev Vygotsky, seorang psikolog Rusia, memiliki pandangan yang berbeda mengenai perkembangan kognitif dan sosial. Beberapa konsep kunci dalam teorinya meliputi:

1. *Peran Sosial dalam Pembelajaran*: Vygotsky menekankan bahwa perkembangan kognitif terjadi dalam konteks sosial. Anak-anak belajar melalui interaksi dengan orang dewasa dan teman sebaya. Proses ini dikenal sebagai "scaffolding," di mana orang dewasa memberikan dukungan untuk membantu anak mencapai pemahaman yang lebih tinggi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline