Lihat ke Halaman Asli

Dara Mardia

Mahasiswa

Sindiran Hingga Cuitan Kocak Warganet: Penyebab 9,9 Juta Gen Z Menganggur

Diperbarui: 19 Juni 2024   16:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Freepik

Bandung - Menyoroti Generasi Z (Gen Z) di Indonesia saat ini, akun Instagram resmi Folkative mengunggah postingan terkait permasalahan Gen Z yang menganggur hingga mencapai 9,9 juta jiwa, Jum'at (17/05/2024).

Data Badan Pusat Statistik BPS pada bulan Agustus tahun 2023 mencatat sebanyak 9,9 juta Gen Z di Indonesia yang berusia 15-24 tahun tidak sedang bekerja dan tidak bersekolah. Dari total 44,47 juta Gen Z yang berusia 15-24 tahun secara nasional, 22,25% diklasifikasikan NEET. Dari 9,9 juta Gen Z yang tidak bersekolah, 5,73 juta (atau 26,54%) merupakan perempuan, dan 4,17 juta (atau 18,21%) merupakan laki-laki.

Warganet langsung menanggapi terkait postingan tersebut. Beberapa diantaranya menyampaikan komentar sindiran hingga cuitan kocak terkait alasan Gen Z banyak yang menganggur. Contohnya, pemilik akun @factual.id yang menanggapi hal tersebut bahwa banyaknya persyaratan di setiap lowongan kerja membuat Gen Z kesulitan mendapatkan pekerjaan.

https://www.instagram.com/factual.id

Berikut komentar sindiran kocak lain dari warganet terkait penyebab 9,9 Gen Z di Indonesia jadi pengangguran.

"Gimana ga nganggur, lokernya nyari spek manusia sempurna," komentar pemilik akun Instagram @jopanjaiitan.

"Gimana gak nganggur syarat dan ketentuannya harus bisa bikin candi satu malam," komentar akun Instagram @recehtapisayng.

Komentar lainnya juga diungkapkan oleh seorang aktor @adlimanoppo, "Yaiyalah minta freshgrad tapi pengalamannya 10 tahun + bisa merubah air menjadi wine," ungkapnya.

Beberapa sindiran tersebut diungkapkan lantaran warganet merasa heran dengan persyaratan lowongan pekerjaan di jaman sekarang. Dari mulai pembatasan usia maximal 25 tahun, persyaratan penampilan good looking, pengalaman bekerja maximal 5-10 tahun dan masih banyak lagi seperti yang telah diungkapkan pemilik akun @factual.id.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline