Lihat ke Halaman Asli

Prov. D. Adhi Putra

Penulis Lepas

Karyawan Besar atau Raja Kecil?

Diperbarui: 28 Desember 2018   11:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Setelah lulus mau kemana?

Mungkin itu pertanyaan yang sering kita dengar di manapun. Pertanyaan default yang keluar klo kita udah semester akhir.

Pertanyaan ini harus bener kita tanyakan ke diri kita sendiri. Karena jangan sampai kita kerja si PT A karena yang lainnya juga kerja di sana. 

Pekerjaan yang paling enak adalah hobi yang dibayar. Contoh, hobinya sepakbola. Dia dibayar sebagai pemain bola dalam club. Nah, itu baru yang namanya menyenangkan. 

Artinya, dia tau bakatnya atau hobinya bakal jadi penghasilannya juga. Lain halnya dengan orang yang maksain diri buat ikut test CPNS.

Saya gak memandang rendah ya. Ini hanya pemisalan. Nah, kadang orang cuma mikir 'kayaknya jadi PNS enak!'. Tanpa tau seluk-beluknya. Bahkan ada juga yang cuma ngikutin trend . Keterima syukur, gak  diterima juga gak masalah. Yang penting udah ambil bagian.

Trus, buat kalian para lulusan baru. Apa sih yang pengen kalian dapetin? Yang penting kerja atau harus kerja dimana? Atau yang penting dapet penghasilan?

Kalo saya, gak harus berpenghasilan tetap. Bahkan klo bisa gak berpenghasilan tetap. Yang penting mah, tetap berpenghasilan! 

Di era Industry 4.0 ini, klo kita gak mengenali diri kita sendiri ya bakal kelindes Jaman. Setiap kita itu punya potensi. Dan itu yang harusnya digali terus.

Jess no limit, suka main game. Akhirnya gamer yang jadi mata penghasilannya dia. Ria Ricis, seorang vlogger. Menciptakan peluang bisnis dari nge-vlognya. Bayu Skak, seorang YouTubers dan masih banyak contoh lainnya.

Kuncinya adalah kenali diri, dan mulai hari ini juga. Percuma punya rencana klo gak di realisasikan. Percuma jadi karyawan besar klo penuh tekanan dan gak bahagia. 

Salam inspirasi. Semoga menginspirasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline