Ekonomi Digital merupakan hal yang paling sering kita dengan dikalangan pengamat ekonomi dan juga kalangan pengusaha ataupu pebisnis beberapa tahun belakangan ini. Saat ini se;uruh dinia telah mengalami Revolusi 4.0, yaitu masa dimana terjadi kebutuhan akan teknologi yang sangat besar dalam semua aspek kehidupan termasuk dalam ekonomi digital di indonesia juga.
Sehingga bagi masyarakat yang tidak dapat mengikuti perkembangan teknologi akan tertinggal dibelakang. Hal ini disebabkan karena teknologi akan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan ini juga mempengaruhi aspek perekonomian suatu negara bahkan juga menentukan arah dari kebijakan ekonomi secara global.
Ekonomi Digital Sebagai Upaya Menghadapi Revolusi 4.0
Untuk itu, kita perlu melakukan pencarian informasi untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi Revolusi 4.0. dalam jenjang perkuliahan, bahkan beberapa kampus telah menerapkan pembelajaran wajib berupa ilmu dasar coding ( pengodean) pada beberapa jurusan yang sangat erat dengan dunia digital. Sehingga diharapkan mahasiswa yang telah lulus memiliki modal awal untuk di dunia kerja nantinya.
Definisi dari Ekonomi Digital adalah sebuah aspek ekonomi yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi digital sebagai basis dalam menjalankan perekonomiannya. Media digital dijadikan tool atau alat dalam menjalankan bisnis. Sehingga berbagai kemudahaan didapatkan dalam penggunaan digital dalam perekonomian. Saat ini, di Benua Asia, khususnya Asia Tenggara, ekonomi digital sangat berkembang dengan pesat. Apabila dahulunya kita mengetahui perkembangan telnologi selalu dinominasi oleh bangsa Barat, yang umumnya dari Eropa dan Amerika. Maka saat ini banyak ditemukan ahli dari teknologi informasi yang berasal dari negara di Asia, termasuk dari Indonesia.
Potensi ekonomi digital di indonesia
Begitu juga untuk perkembangan pasar ekonomi yang menggunakan kemajuan teknologi sebagai basisnya. Berdasarkan data ditemukan bahwa peminat dari teknologi semakin meningkat dan sebagian besar kegunaan dari tekologi adalah sebagai media untuk mendapatkan penghasilan. Setidaknya ada 3 produk bisnis berbasis digitak yang memiliki potensi yang besar yang memiliki pelanggan yang selalu meningkat . Berikut adalah adalah sebagai berikut:
E-commerce
Penjualan produk melalui internet merupakan hal yang telah menjadi kegiatan yang lumrah bagi masyarakat. E-commerce menyediakan wadah kepada pemilik bisnis yang ingin memasarkan jasa melalui media online. Dengan ini, jangkauan pasar dari sebuah produk menjadi luas dan pemilik bisnis bahkan tidak memerlukan toko yang besar untuk produk pada konsumen, mereka hanya perlu memasukkan kateogri, jenis produk dan foto-foto dari produk yang mereka sediakan.
Pada beberapa produk, dapat ditemukan harga yang lebih murah apabila produk tersebut dibeli melalui E-commerce. Ini merupakan salah satu strategi bisnis pada E-commerce yang menyediakan potongan harga, jasa gratis ongkos kirim dan berbagai keuntungan lainnya bagi pelanggan. Pelanggan juga berpendapat bahwa jenis produk yang dijual pada E-commerce sangat beragam, bahkan produk yang susah untuk dicari, tersedia disini.