Lihat ke Halaman Asli

Danu Adji

SEO Manager

Bahaya 5 Jenis Sayuran Jika Salah Cara Mengkonsumsinya

Diperbarui: 12 Mei 2019   19:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selama ini sayuran dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak sekali informasi yang menggalakkan akan pentingnya mengkonsumsi sayuran dan buah. Hal ini wajar dikarenakan sayuran memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat melancarkan pencernaan tubuh.

Kandungan vitamin yang kompleks yang terdapat dalam sayuran juga mampu menunjang berbagai aktivitas yang ada didalam tubuh.

Namun yang harus diketahui, jangan sampai karena keinginan anda untuk memperoleh manfaat yang banyak dari sayuran. Konsumsi sayuran menjadi berlebih bahkan over, penanganan serta konsumsi yang tidak tepat juga dapat memicu berbagai macam penyakit yang justru membahayakan kesehatan anda.

Berikut merupakan 5 jenis sayuran yang dapat memicu berbagai macam penyakit jika salah dalam mengkonsumsinya

Bayam

Bayam dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Bayam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari karena selain murah, kandungan gizi dan zat besinya mampu menunjang pertumbuhan tulang dan berbagai metabolism tubuh.

Namun yang harus anda ketahui, bayam memiliki sisi negatif yang harus diwaspadai oleh para konsumen. Bayam yang telah diolah tidak boleh dibiarkan terlalu lama diudara.

Hal ini dikarenakan zat besi yang terdapat dalam bayam akan beroksidasi dengan udara jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Hasil oksidasi ini akan membentuk senyawa ferro, senyawa ferro sendiri bersifat racun.

Selain itu pengkonsumsian bayam secara berlebihan dapat menimbulkan penyakit sianosis dimana hemoglobin tidak mampu mengikat oksigen dalam darah.

Seledri

Tahukan anda seledri harus dikonsumsi dalam keadaan segar. Seledri yang dikonsumsi secara berlebihan serta dala keadaan tidak segar, akan menimbulkan berbagai macam bahaya dalam tubuh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline