Lihat ke Halaman Asli

BNN Setara Kementerian?

Diperbarui: 14 Maret 2016   13:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pengantar

Well, terkait dengan beberapa saat yang lalu, ada wacana untuk meningkatkan Badan Narkotika Nasional untuk menjadi setara dengan Kementerian. Hal ini cukup menarik untuk diberikan beberapa komentar.

Posisi Awal?

Sejujurnya, saya (dan mungkin yang lain) tidak paham posisi awal BNN. Bahkan, saya mengira pada awalnya BNN merupakan organisasi yang langsung bertanggung jawab pada Presiden. Berdasarkan informasi awal pada topik pilihan, BNN ternyata suatu Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK) yang berada di bawah Kepolisian.

Bukan Peningkatan, Melainkan Komprehensif

Kasus narkotika memang merupakan kasus yang kompleks dan perlu penanganan serius. Peningkatan BNN menjadi setingkat kementerian perlu dipertanyakan efektivitasnya dalam memberantas permasalahan narkoba. Kasus narkotika sudah cukup diketahui sering berkaitan dengan masalah lain seperti terorisme sehingga pemberantasan narkoba haruslah bersifat komprehensif.

Oleh karena kompleksitas dan luasnya kaitan permasalahan narkoba, pemberantasan narkoba haruslah bersifat komprehensif. Pemberantasan narkoba yang bersifat komprehensif kurang dicapai dengan meningkatkan status BNN menjadi setingkat kementerian, melainkan koordinasi yang lebih kuat lintas-kementerian yang dapat dicapai dengan koordinasi lintas kementerian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline