Lihat ke Halaman Asli

Mobile TV Online, Persaingan Operator Seluler di Era Konvergensi Media

Diperbarui: 20 Oktober 2015   08:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Era konvergensi media mendorong industri telekomunikasi untuk terus meningkatkan kemampuan dalam melayani kebutuhan layanan data konsumen.Bahkan dengan memasuki era new media saat ini, indsutri telekomunikasi dengan cepat mengembangkan kemampuannya sehingga dapat lebih banyak memberikan layanan yang itu artinya semakin banyak suatu operator seluler mendapatkan keuntungan dari layanan yang dijualnya. Dalam perspsektif industri, investasi dilakukan untuk mendapatkan keuntungan, sepertinya hal ini juga yang menjadi motivasi industri telekomunikasi untuk dapat menyelenggarakan layanan 3G, yang dengan jaringan tersebut dalam perhitungannya akan semakin banyak produk yang dapat dipasarkan, salah satunya adalah produk layanan TV melalui ponsel atau Mobile TV. Layanan Mobile TV adalah layanan yang diselenggarakan oleh beberapa vendor seluler dalam industri telekomunikasi dengan layanan pada siaran televise secara langsung maupun tak langsung. Layanan mobile TV dapat diakses oleh penggunan ponsel dengan dukungan jaringan internet atau genereasi ke tiga (3G) melalui frekuensi yang dikelola oleh vendor operator selular. Persaingan dalam menghadirkan layanan mobile TV oleh operator seluler dihadirkan dengan berbagai layanan mobile tv, seperti:

  • Telkomsel

Mobile TV Telkomsel menyediakan 3 saluran yg disupport, dengan cara menikmatinya sebagai berikut:[1]

  • Metro TV dengan dial ke nomor 8801
  • SCTVdengan dial ke nomor 8806
  • Channel TV dengan dial ke nomor 8811
  • Indosiar dengan dial ke nomor 8809

Selain itu, belum lama ini juga Telkomsel meluncurkan layanan konten revolusioner berkonsep mobile video entertainment. Kini pelanggan Telkomsel bisa menikmati beragam konten video hiburan dengan layanan Lipstik.TV melalui ponsel kapan pun dan di mana pun.

Lipstik.TV merupakan portal mobile entertainment yang memberikan akses untuk menikmati beragam video hiburan di ponsel layaknya menonton televisi konvensional. Lipstik.TV menyediakan menu Eksklusif yang menampilkan berbagai jenis konten video spesial, yakni: Top Movie Channel (film Hollywood dan local. Menu Eksklusif pada Lipstik.TV juga menyajikan konten video biografi, antara lain: Hollywood Stars

  • Indosat

Operator Indosat memiliki layanan mobile TV yang dinamakan I-TV. Layanan Mobile TV Indosat terbagi dalam 3 sub kategori menu:[2] I-TV berkonsep TV Live, Dengan layanan LiveTV ini, pelanggan dapat menikmati tayangan televisi berbagai stasiun televisi secara langsung. Saluran TV yang dapat diakses antara lain:

  • SCTV
  • RCTI
  • Trans TV
  • O Channel
  • MNC
  • Fashion TV
  • JakTV.

Dengan layanan On Demand TV ini, anda dapat menikmati tayangan televisi yang sudah pernah ditayangkan acara televisi.Cari menu web pada handset, ketik http://wap3g.indosat.com,Akan muncul keterangan harga mengenai content tersebut.

  • XL Axiata

XL juga menyajikan layanan mobile TV yang dapat ditonton secara langsung maupun tidak langsung. Secara tidak langsung, sama dengan layanan yang disajikan operator Indosat dengan layanan on demand maupun archive nya, pelanggan dapat melihat program TV yang tayang dalam jam tertentu, yang dapat didownload untuk langsung ditonton maupun disimpan dulu sebagai sebuah file. Salah satu stasiun yang bisa ditonton, misalnya SCTV.Caranya tentu dengan mengunjungi alamat situsnya langsung dari ponsel di www.xl.co.id.[3]

 

Semua layanan mobile TV yang disediakan oleh masing-masing operator seluler tersebut, memiliki tarif tersendiri sesuai dengan ketentuan yang berlaku.Untuk mengaksesnya sendiri, tariff yang dikenakan adalah tarif akses data karena untuk dapat terhubung dengan content program TV tersebut harus menggunakan jaringan internet 3G. Dengan majunya jaringan yang dapat diambil dan dikelola oleh suatu vendor telekomunikasi selular, maka semakin besar peluang bagi operator tersebut untuk menyajikan beragam layanan menarik yang dapat dijual kepada konsumen atau pelanggan.Tidak heran jika frekuensi 3G yang ada di Indonesia mengalami permasalahan dalam kepemilikan kanal, yaitu terjadi perebutan kanal antar operator selular.

Dengan majunya jaringan yang dapat diambil dan dikelola oleh suatu vendor telekomunikasi selular, maka semakin besar peluang bagi operator tersebut untuk menyajikan beragam layanan menarik yang dapat dijual kepada konsumen atau pelangganAntara penyelenggara industri layanan telekomunikasi dalam hal ini tentu memiliki hubungan kerjasama dengan industri penyelenggara siaran atau media. Kedua industri ini memiliki hitungan pembagian keuntungan dari penjualan program siaran Televisi mobile dengan dukungan dari pelanggan layanan selular. Kedua industri tersebut menjadikan mobile TV sebagai produk dalam era konvergensi media.

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline