Lihat ke Halaman Asli

Daniel Setiawan

TERVERIFIKASI

Seorang karyawan swasta

Mengharukan... Bocah Menggendong Mayat Adiknya

Diperbarui: 31 Agustus 2015   07:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setiap perang tentu menyisakan sebuah kesedihan. Tak terkecuali perang dunia ke II yang terjadi sekitar tahun 1939 sampai 1945. Sebuah bom atom yang dijatuhkan pada tanggal 9 Agustus 1945 di Nagasaki, Jepang oleh sekutu akhirnya mengakhiri perang dunia ke II. Sebuah kekuatan dahsyat dari sebuah bom nuklir telah menewaskan 80.000 jiwa di Nagasaki. *) 

Kepiluan tersebut diabadikan dengan begitu baik oleh seorang juru kamera yang bernama Joe O'Donnel. Sebuah foto hitam putih yang dihasilkannya begitu menyayat hati. Mengharukan. Terlihat seorang bocah laki-laki berumuran belasan tahun menggendong mayat adik laki-lakinya yang masih balita. Kepala adiknya terlihat terkulai tanpa daya. Bocah itu berdiri tegak di pinggir jalan dengan niat akan mengantarkan mayat adiknya untuk dikremasi.

Mungkin masih banyak bocah-bocah kecil yang telah kehilangan orang tuannya, kehilangan sanak saudaranya dan hanya tersisa dirinya sendiri. Kekecaman perang telah banyak menghancurkan banyak keluarga. Apakah pemimpin dunia tidak bisa menghentikannya?

Sleeping Child - Michael Learns To Rock




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline