Lihat ke Halaman Asli

Tips Nonton 'Film Gratis'

Diperbarui: 26 Juni 2015   11:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kadang-kadang kita bingung waktu weekend mau ngapain atau bikin apa untuk ngabisin waktu yang ada. Ditambah kalo lagi 'tanggal tua' yang ngebatasin kegiatan traveling kita. Yah, emang cukup menyebalkan. Tapi kita bisa tetep enjoy weekend tanpa keluar banyak uang, dengan modal cuma PC/laptop dan sambungan internet.

Saya gak bermaksud untuk ngajarin menjadi 'pembajak', tetapi situs resmi ini saja tidak mengaku kalo mereka itu menyediakan barang-barang bajakan. Tapi setidaknya, patut dicoba bukan?

Bagi yang udah familiar dengan situs thepiratebay.org pasti sudah tidak asing dalam mengunduh banyak barang dari sana, khususnya film-film nomor satu hollywood. Yang kita butuhkan hanya aplikasi ringan pengunduh peer-to-peer yang bernama uTorrent, bisa langsung di googling aja kalo mo dapetinnya. Tapi walaupun gratis, kayaknya kurang nyaman kalo kita unduh film yang kualitas gambar dan suaranya sama kayak DVD bajakan yang di jual di emperan. Berikut ini tips-nya untuk lebih jeli dalam mengunduh:


  1. Film yang paling gress di theater saat ini belum tersedia kualitas yang bagus untuk versi online-nya. Karena versi bagus tersebut hanya keluar setelah DVD original diterbitkan dari PH. Jadi untuk unduh film bagus dengan kualitas yang bagus juga, paling tidak perlu 'sabar' hingga 3 bulan. Di situs ini rajin-rajin cek dalam menu 'Top 100' dengan seeder yang banyak (semakin besar jumlah seeder, semakin banyak ketersediaan file-nya).
  2. Kulitas dari film tersebut dapat terlihat dari nama file yang tersedia, berikut adalah uraiannya untuk ngebantu kira-kira mana yang kualitasnya udah cukup baik untuk di unduh dan di koleksi:


  • DVDRip/BRRip - tipe file ini yang paling baik karena langsung di ripping dari DVD atau Blu-Ray original disc. Video dan audionya cukup baik untuk dikoleksi, jadi cari yang file yang seperti ini. Besaran file juga tergantung proses ripping, variasinya antara 600 MB hingga 1.5 GB, tergantung DVD atau Blu-Ray.
  • DVDSCR - tipe ini hampir sama dengan yang diatas, tetapi kita akan melihat notice dari PH seperti "This property is belong to..." yang menunjukkan ini adalah film demo yang ditujukan untuk para film kritik dan 'for awards considering only'. Tidak heran kenapa banyak peraih Oscar dalam film yang kita sendiri belum nonton di theater.
  • R5 - tipe file ini tidak sebagus DVDRip, tetapi video dan audio-nya cukup nyaman dipakai nonton. Gambar cenderung agak gelap tapi layak ditonton untuk taraf film gratis.
  • TS/Cam - tipe file ini adalah bentuk terendah dan cenderung disaat booming di theater sudah keluar file dalam bentuk ini. Ini dikarenakan adanya 'orang iseng' yang nonton di theater dengan menggunakan handycam dan merekamnya. Hasil rekaman di kompres hingga ukuran 600 MB keatas lalu di unggah ke internet. Para penjual DVD bajakan cenderung menggunakan file seperti ini untuk menjual film yang lagi booming di theater dengan alasan "gambarnya blom bagus bro, tapi keren koq".

Inilah sekedar tips untuk menikmati film gratis di akhir pekan. Alasan kenapa hal ini cukup legal untuk dilakukan adalah, ini bukan bentuk pembajakan tetapi bentuk sharing file peer-to-peer. Mungkin yang membajak itu adalah yang pertama kali unggah ke internet. Mudah-mudahan berguna buat kita semua. Silahkan menaruh komentar jika ada yang salah atau hendak menambahkan. Terima kasih.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline