Lihat ke Halaman Asli

Pemberian Edukasi Siswa Menengah Pertama Tentang Kelanjutan Karir oleh Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang

Diperbarui: 8 September 2022   13:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dok. pribadi)

Kegiatan pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirasi Hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang  (UMM).

Karir berasal dari bahasa belanda yaitu carriere yang memiliki arti perkembangan atau kemajuan seorang individu. Tujuan pemberian edukasi ini kepada siswa/i adalah untuk memberikan pemahaman diri, memiliki pengetahuan mengenai informasi karir yang menunjang, memiliki sikap yang positif, dan memiliki kemampuan untuk merencanakan masa depan.

Dalam memberikan edukasi kelanjutan karir ini mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang bergabunng dalam kelompok 4 gelombang 7 yang  beranggotakan Nisfulaily Ika Fiya Rahmawati, Salsabella Vegananda Hasanna, Enjel Fitria Ramadhani, dan Salsabilla Kirananda Hasanna. Pemberian edukasi kelanjutan karir ini dilakukan pada siswa/i kelas 9 MTS Muhammadiyah 1 Malang. Dosen Pembimbing Lapangan adalah Ibu Susanti Prasetyaningrum, S.Psi.,M. Psi., Psikolog. PMM ini berlangsung mulai tanggal 22 Agustus sampai dengan 22 September.

(Dok. pribadi)

(Dok. pribadi)

Pemberian edukasi ini bertujuan agar siswa/i dapat menentukan tujuan yang akan dipilih untuk sekolah menengah atas sesuai dengan kemampuan dan keinginannya. Siswa/i mengatakan bahwa mereka masih kebinggungan untuk jenjang karir selanjutnya yang akan mereka tuju. Hal ini juga menjadi tujuan kami untuk memberikan edukasi agar mereka tau apa yang akan mereka tuju dan agar mereka tidak salah dalam menentukan jenjang karir selanjutnya.

Pemberian edukasi yang dilakukan ini bermanfaat bagi siswa/i dalam mencari tau karir mana yang cocok untuk memilih kejenjang sekolah yang lebih tinggi seperti SMK/SMA. Pemberian edukasi ini memberikan pengaruh positif bagi mereka yang masih kebinggungan dalam menentukan jenjang karir selanjutnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini Mahasiswa UMM berharap bahwa siswa/i dapat memberikan pemahaman diri tentang jenjang karir selanjutnya yang akan mereka pilih. Dengan begitu mereka dapat dengan mudah menentukan jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan kemampuan dan keinginannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline