Lihat ke Halaman Asli

Danish Syahputra

Chinese literature

Ini Dia Bagian-bagian Jembatan dan Cara Merawatnya

Diperbarui: 8 Oktober 2023   20:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagian-bagian Jembatan | Canva.com (Data Internal Penulis)

Jembatan, sebagai struktur konstruksi yang menghubungkan dua wilayah terpisah, memiliki peran yang sangat penting dalam infrastruktur transportasi. Selain berfungsi sebagai alat penyeberangan, jembatan juga memiliki berbagai komponen penting yang mendukung fungsi dan keamanannya.

Baca juga: Supaya Kapal Tidak Keropos, Ini Pentingnya Finishing Kapal 


Bagian-bagian Jembatan


1. Foundation atau Pondasi

Sebagai dasar utama jembatan, pondasi bertanggung jawab untuk menahan beban dan memberikan stabilitas. Pondasi ini ditanamkan hingga bawah tanah agar dapat memberikan dukungan yang kuat dan kokoh.

2. Pile Cap

Pile cap adalah elemen penutup yang digunakan pada beberapa jenis pondasi jembatan. Fungsinya adalah menghubungkan bagian-bagian jembatan di atas permukaan tanah, sehingga beban dapat tersalurkan dengan lebih stabil.

3. Deck

Bagian ini merupakan permukaan utama jembatan yang digunakan untuk meletakkan pelapis jalan, seperti aspal atau rel kereta. Deck dapat terbuat dari berbagai bahan, seperti beton atau kayu, dan bertindak sebagai penopang bagi seluruh struktur jembatan.

4. Girder

Girder adalah bagian atas dari jembatan, yang dapat berupa struktur tegak lurus atau melintang, tergantung pada desain jembatan. Bahan pembuatan girder meliputi baja atau beton, dan berbagai faktor seperti tinggi, berat, bentuk, dan jenis material pendukungnya memengaruhi kekuatannya.

5. Bearing

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline