Lihat ke Halaman Asli

Danis

Mahasiswa

Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pendampingan Pemanfaatan Instagram Business untuk Pemasaran UMKM

Diperbarui: 10 Agustus 2023   22:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN Undip lakukan pendampingan pemanfaatan Instagram Business kepada UMKM Dapur Heny (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Mahasiswa KKN Tim II Undip di Desa Jagalempeni, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes berhasil melaksanakan program pendampingan pemanfaatan Instagram Business untuk mengoptimalkan pemasaran pada UMKM. Program tersebut memiliki sasaran utama yakni UMKM Dapur Heny yang memiliki produk unggulan berupa prutuk bawang goreng. Sebagai salah satu produk unggulan Kabupaten Brebes, prutuk bawang goreng ini tentunya memiliki potensi besar apabila mampu dipasarkan secara luas. Namun, pada kenyataannya UMKM masih terkendala dalam proses pemasaran produknya, sehingga pemasaran dilakukan dengan mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut.

Berangkat dari permasalahan yang dihadapi UMKM di Desa Jagalempeni, program pendampingan tersebut diinisiasi untuk mendukung pengembangan UMKM. Instagram Business dipilih sebagai pembahasan utama dalam pendampingan ini dikarenakan platform tersebut merupakan salah satu platform pemasaran online yang dinilai efektif, di mana pengguna Instagram yang sangat banyak. 

Selain itu, terdapat berbagai fitur khusus yang dapat membantu UMKM dalam memasarkan produknya, seperti fitur Instagram Ads ataupun Instagram Insight yang berguna untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi UMKM. Oleh karena itu, nantinya melalui program tersebut UMKM dapat lebih mengetahui proses pemasaran yang lebih optimal.

Program yang dilaksanakan pada Senin, 31 Juli 2023 di rumah produksi Dapur Heny ini mendapatkan respon positif dari Ibu Heny Hasbulloh selaku pemilik usaha. Pada program tersebut, mahasiswa secara langsung memberikan pendampingan, mulai dari pembuatan akun Instagram, penjelasan mengenai fitur yang tersedia, hingga kiat-kiat dalam pengelolaan konten untuk menarik konsumen. Selain itu, diberikan pula modul penggunaan Instagram Business sebagai panduan UMKM. Dengan demikian, diharapkan ke depannya UMKM mampu mengembangkan proses pemasaran produk prutuk bawang goreng tersebut ke pasar yang lebih luas sehingga mampu meraup keuntungan yang lebih maksimal pula.

Penulis: Danis Widyadana, S1 Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, KKN Tim II Undip 2022/2023.

Lokasi KKN: Desa Jagalempeni, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline