Lihat ke Halaman Asli

Dani Ramdani

TERVERIFIKASI

Ordinary people

Fajar/Rian Kalah untuk Pertama Kalinya Ganda Putera Gagal Meraih Medali di Asian Games

Diperbarui: 5 Oktober 2023   12:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fajar/Rian kalah di perempat final Asian Games 2022 oleh Lee Yang/Wang Chi Lin dengan skor 19-21 dan 18-21. | Foto: Antara

Target tiga medali emas badminton di Asian Games 2022 pupus sudah. Hal itu karena sektor beregu putera dan puteri gagal di perempat final. Sementara itu, di sektor perorangan, Fajar/Rian kalah dan gagal melaju ke semifinal. 

Dengan hasil itu, praktis wakil Indonesia yang tersisa ketika artikel ini dibuat hanya Anthony Ginting dan Gregoria Mariska Tunjung. 

Ginting akan bersua Li Shi Feng, sementara Gregoria akan bersua Aya Ohori. Menurut hemat penulis, Gregoria memiliki peluang untuk meraih kemenangan dan mengulang apa yang dilakukan oleh Susi Susanti pada Asian Games 1994.

Sejak saat itu, tidak ada lagi tunggal puteri Indonesia yang bisa lolos ke semifinal. Artinya, sudah 29 tahun Indonesia puasa medali di sektor tunggal puteri. Bahkan, usia itu jauh lebih tua dari umur Grego. 

Di sisi lain, kita juga harus menerima pil pahit atas kegagalan Fajar/Rian. Melawan wakil Chinese Taipei, Fajar/Rian harus kalah dua game langsung dengan skor 19-21 dan 18-21.

Dengan kekalahan itu, Fajar/Rian gagal mengulang pencapaiannya di Asian Games 2018 lalu yang saat itu meraih medali perak dan kalah dari Kevin/Marcus.

Di luar itu, tentu yang menjadi sorotan adalah untuk pertama kalinya sejak Asian Games 1962, ganda putera Indonesia gagal meraih medali. Artinya, untuk pertama dalam sejarah Asian Games, ganda putera Indonesia gagal meraih medali. 

Sejak dipertandingkan tahun 1962, Indonesia mengoleksi delapan emas, lima perak, dan delapan perunggu. Dengan hasil itu, Indonesia menjadi negara tersukses untuk sektor ganda putera. 

Bahkan tiga edisi Asian Games sebelumnya, Indonesia selalu meraih medali emas di sektor ganda putera.

Ada Markis Kido/Hendra Setiawan tahun 2010 berhasil menyabet emas, lalu Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan tahun 2014, terakhir ada Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo tahun 2018.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline