Lihat ke Halaman Asli

Dani Ramdani

TERVERIFIKASI

Ordinary people

Putri Candrawathi dengan Segala Privilesenya

Diperbarui: 31 Agustus 2022   10:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Putri Candrawathi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kematian Brigadir J. | Sumber: JPNN.COM

Jika mendengar nama institusi kepolisian, maka pikiran kita tertuju pada satu nama yaitu Ferdy Sambo. Betapa tidak, marwah Polri dipertaruhkan gegara ulah Sambo.

Tidak hanya itu, nama Putri Candrawathi juga mencuat setelah beberapa kali diam. Netizen bahkan menuntut agar Putri segera buka mulut.

Namun, Putri justru kekeh mengaku jika ia adalah korban pelecehan seksual. Meski dengan adanya pembunuhan berencana, kecil kemungkinan jika pelecehan seksual itu terjadi.

Namun Putri kekeh dengan keyakinannya, ia bahkan melanjutkan laporannya. Dalam perkembangannya, penyidik menolak laporan Putri karena tidak ditemukan peristiwa pidana. Sehingga laporan itu tak bisa dilanjutkan ke tingkat penyidikan.

Tak lama setelah itu, Putri Candrawathi ditetapkan sebagai tersangka dengan sangkaan Pasal 338 subsider 340 Jo. Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Pasal tersebut sama dengan pasal yang disangkakan dengan suaminya Ferdy Sambo, Ricky Rizal, dan Kuwat Ma'ruf. Tapi, lagi-lagi Putri kekeh dengan pendiriannya bahwa ia adalah korban pelecehan.

Perkara pelecehan, bagi saya ini begitu sensitif. Seperti yang kita ketahui, selama ini pelecehan seksual mendapat perhatian khusus, utamanya dari aktivis perempuan.

Namun dalam kasus Putri berbeda, bagi saya ia bisa memerankan dua peran sekaligus, bisa jadi korban bisa juga bermain-main di sana alias playing victim.

Apalagi korban sudah meninggal dunia sehingga sulit untuk membuktikan klaim itu. Belum lagi Putri yang selalu mengaku sebagai korban pelecehan terlalu show up di media.

Tentu ini berbeda dengan korban pelecehan lain yang memilih tertutup dan tidak ingin telanjang diketahui seperti itu. Ini yang kemudian memunculkan spekulasi jika Putri playing victim.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline