Lihat ke Halaman Asli

Dani Ramdani

TERVERIFIKASI

Ordinary people

Dunning-Kruger Effect, Kondisi Ketika Seseorang Merasa Paling Pintar

Diperbarui: 27 Mei 2022   22:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dunning-Kruger effect adalah kondisi di mana seseorang bersikap paling pintar dari siapapun. | Source: Shutterstock via KOMPAS.COM

Dalam hidup, tentu kita pernah bertemu dengan seseorang yang berlaga sok pintar. Mereka menganggap dirinya paling tahu akan satu hal dan meracau ke mana-mana ketika membahas sesuatu. 

Padahal, apa yang dibicarakan tidak ada esensinya sama sekali. Istilah tong kosong nyaring bunyinya patut disematkan pada orang dengan tipe seperti ini. 

Tidak hanya di dunia nyata, sikap sok pintar kerap kita temui di dunia maya. Siapa lagi jika bukan netizen, bukan berarti netizen sok pintar semua, tapi ada beberapa netizen yang bersikap seperti ini. 

Misalnya dalam mengomentari sepak bola, para netizen seakan menjadi pelatih online yang mengkritik pelatih kelas dunia.

Menariknya, ketika ada netizen lain yang mencoba meluruskan, netizen yang memiliki sifat sok tahu tidak mau kalah dalam berargumen. 

Mereka selalu mencari argumen dan berlindung di balik argumen yang keliru. Akhirnya debat kusir di kolom komentar media sosial menjadi hal yang sering saya amati. 

Lalu, mengapa ada sebagian orang yang memiliki sikap sok pintar? Padahal sudah jelas argumen yang mereka lontarkan jauh dari kata benar. 

Ternyata sikap sok pintar seperti itu dalam dunia psikologi disebut dengan dunning-kruger effect. 

Istilah

Dunning kruger effect adalah kondisi di mana seseorang merasa mampu dan pintar dari kondisi yang sebenarnya. Pada dasarnya, orang yang seperti ini tidak memiliki kemampuan untuk mengenali kelemahannya.

Istilah ini pertama kali muncul pada tahun 1990 dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh dua psikolog , yaitu David Dunning dan Justin Kruger. Nama mereka berdua kemudian dijadikan istilah untuk orang yang sok pintar. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline