Lihat ke Halaman Asli

Dani Ramdani

TERVERIFIKASI

Ordinary people

Berikut Skill bagi Penerima Program Kartu Prakerja untuk Tetap Survive di Tengah Pandemi

Diperbarui: 24 Maret 2021   12:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pendaftaran kartu prakerja. via kompas.com

Program Kartu Prakerja berhasil menyedot antusiasme masyarakat pada tahun lalu. Karena antusiasisme dari masyarakat yang tinggi, pemerintah memutuskan untuk membuka kembali program Kartu Prakerja gelombang 14 pada Kamis 11 Maret 2021. Nah bagi yang tidak lolos pada  Kartu Prakerja gelombang 14, kalian bisa mendaftar kembali pada gelombang selanjutnya. Karena pemerintah akan kembali membuka program Kartu Prakerja secara berkala.

Bagi yang hendak mendaftar program Kartu Prakerja, bisa dilakukan di website resmi Kartu Prakerja, yaitu www.prakerja.go.id. Setelah itu, kawan-kawan tinggal membuat akun dengan memasukan data pribadi dan mengikuti tes, kemudian pengumuman lolos atau tidaknya tinggal menunggu SMS dari penyelenggara atau bisa dicek melalui website di atas.

Jika berhasil lolos, maka peserta akan menerima biaya pelatihan sebesar 1 juta rupiah. Uang 1 juta rupiah tersebut bisa digunakan untuk mengikuti beberapa program platihan. Program Kartu Prakerja ini menggandeng beberapa mitra pelatihan, diantaranya Kemenaker, Pijar Mahir, tokopedia, Mau Belajar, bukalapak dan lain-lain. Kawan-kawan tinggal memilih mitra pelatihan mana yang ingin diikuti. Nah jika masih bingung, berikut beberapa skill penunjang yang bisa dicoba bagi para penerima program Kartu Prakerja.

Bidang UMKM

Ilustrasi UMKM. via suara.com

Pandemi covid-19 membuat beberapa karayawan kehilangan pekerjaannya karena PHK, ditambah lagi dengan para lulusan baru yang hendak mencari pekerjaan, maka mencari pekerjaan baru sangatlah susah. 

Pilihan terbaik adalah membuka lahan pekerjaan sendiri dan juga orang lain di bidang UMKM. UMKM sendiri menjadi fokus pemerintah saat ini, hal itu guna membangkitkan kondisi ekonomi Indonesia yang terpuruk akibat covid-19. Selain itu, pemerintah juga memberikan peluang kepada para alumni Kartu Prakerja untuk lebih berkembang di sektor ini.

Pemerintah akan memberikan pinjaman modal kepada para alumni program Kartu Prakerja, tentunya jika kawan-kawan sudah mempunyai keahlian ini, maka peluang untuk terus berkembang di bidang UMKM akan terbuka lebar. 

Untuk itu, UMKM bisa mejadi bekal agar tetap bisa survive di tengah pandemi yang tak menentu seperti sekarang ini. selain itu, bidang UMKM juga bisa memberikan peluang terciptanya lapangan pekerjaan baru.

Banyak mitra yang menyediakan pelatihan UMKM, ada yang bergerak di bidang kuliner, kesenian maupun karya tangan yang tentunya mempunyai nilai jual di pasaran, kawan-kawan tinggal pilih sendiri bidang usaha mana yang cocok dengan fesyen masing-masing. UMKM juga bisa meningkatkan skill kawan-kawan di bidang usaha, sektor usaha ini memiliki potensi jangka panjang ke depannya.

Bidang Digital Marketing

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline