Lihat ke Halaman Asli

Daniel Mashudi

TERVERIFIKASI

Kompasianer

"Pay It Forward", Sebarkan Energi Baik Mulai dari Diri Sendiri

Diperbarui: 15 Agustus 2018   21:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar: movietimes.com.br

Ada sebuah quote yang menyatakan bahwa waktu yang paling buruk bisa menjadi yang paling baik jika kita berpikir dengan energi positif. Energi positif atau energi baik adalah energi alami yang mendukung kehidupan. Para leluhur menyebut energi ini sebagai "chi" atau "prana".

Hal yang lumrah tentunya apabila kita menjadi lemah dan negatif seiring naik dan turunnya kehidupan. Namun demikian kita tetap memiliki tanggung jawab untuk membawa diri kita bangkit dari perasaan negatif tersebut. 

Sering kali kita memiliki kecenderungan untuk menunggu hal-hal positif datang, alih-alih belajar bagaimana membawa atau menghadirkan hal-hal positif tersebut ke dalam kehidupan kita.

Kita tidak dapat menghentikan situasi negatif hadir dalam keseharian kita. Ponsel akan tetap berdering, pesan akan tetap masuk di e-mail atau messenger, keluarga terus menuntut peran kita, juga hal-hal buruk terjadi di dunia. 

Namun kita perlu menjaga bagaimana energi kita tetap terfokus saat stres mulai datang. Oleh karena itu kita perlu memiliki energi baik untuk terus bergerak maju dan menjadikan kita menjadi orang yang lebih baik.

Banyak hal yang bisa kita jadikan sebagai energi baik. Memberikan senyuman kepada orang-orang di sekitar, menyapa  tetangga setiap pagi, atau mengucapkan terima kasih setiap menerima bantuan orang lain, sekecil apa pun banyuan tersebut. Bisa juga dengan "pay it forward", salah satu energi baik yang akan saya tulis di artikel ini.

Pay It Forward

Saya pertama kali mendengar "pay it forward" sebagai sebuah judul film yang dibuat tahun 2000. Film ini bergenre drama, diangkat dari sebuah novel berjudul sama yang ditulis oleh Catherine Ryan Hyde.

Film ini disutradarai oleh Mimi Leder dan skenario ditulis oleh Leslie Dixon. Pemain utamanya adalah Haley Joel Osment sebagai Trevor, Helen Hunt sebagai Arlene McKinney (ibunda Trevor yang gemar minum alkohol), dan Kevin Spacey sebagai Eugene Simonet (seorang guru di sekolah tempat Trevor belajar).

Garis besar cerita dari film ini, Trevor seorang murid kelas 7 di Las Vegas mendapatkan tugas dari gurunya, Eugene Simonet. Pak guru tersebut menugaskan kelas untuk membuat suatu aksi yang bisa membuat dunia menjadi lebih baik.

Trevor merencanakan sebuah program amal yang disebutnya "pay it forward", di mana sang penerima kebaikan akan melanjutkan kebaikan tersebut kepada tiga orang lainnya, dan bukan membalas kebaikan tersebut kepada sang pelaku atau pemberi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline