Lihat ke Halaman Asli

Daniel Mashudi

TERVERIFIKASI

Kompasianer

PermataMobile X, Aplikasi Fintech Revolusioner dari PermataBank untuk #IndonesiaTanpaStres

Diperbarui: 1 Agustus 2018   20:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peluncuran PermataMobile X di Jakarta, 1 Agustus 2018 (dokumen pribadi)

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017 mencapai 142 juta jiwa dengan penetrasi sebesar 54,69 persen dari total populasi (data APJII). Pengakses internet pada tahun lalu tumbuh 7,9% dari tahun 2016 dan tumbuh lebih dari 600% dalam 10 tahun terakhir. Jika kita mundur dua dekade yang lalu, maka jumlah pengguna internet di Indonesia pada 1998 baru mencapai 500 ribu saja. Sebagian besar dari pengguna internet di Indonesia tersebut menggunakan telepon pintar atau smartphone.

Transformasi digital pun mengalami peningkatan di seluruh sektor industri di Indonesia, salah satunya terjadi di bidang keuangan yang juga ikut berkembang dalam bentuk financial technology (fintech). Industri perbankan misalnya, saat ini mulai memberikan efisiensi, kemudahan dan fleksibilitas kepada nasabahnya yang memungkinkan aktivitas perbankan bisa dilakukan di mana saja melalui aplikasi mobile banking.

Hal ini menjadi jawaban bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan ruang, waktu dan tempat karena kesibukannya. Saat ini, kesibukan dan kurangnya waktu luang menjadi penyebab stres bagi masyarakat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, kota dengan tingkat stres tertinggi di Asia. Dari hasil penelitian, tingkat stres pada kelompok pekerja lebih tinggi daripada populasi umum. Eksekutif muda di Jakarta mengalami kejadian stres mencapai 25%. 

Melihat tingginya tingkat stres di sebagian kota-kota besar di Indonesia terutama di Jakarta, PermataBank menginisiasi sebuah gerakan #IndonesiaTanpaStres untuk menyadarkan pentingnya meluangkan waktu sesaat di tengah kesibukan untuk menurunkan tingkat stres.

Mobile banking saat ini merupakan jawaban bagi masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi dan menginginkan gaya hidup praktis. Pada tahun 2019, sebanyak 1,75 miliar pengguna ponsel diperkirakan menggunakan smartphone untuk kepentingan mobile banking. Artinya, hampir seluruh perbankan di dunia telah menerapkan teknologi mobile banking secara progresif. 

Tampilan muka aplikasi PermataMobile X (dokumen pribadi)

Sebagai respon terhadap perkembangan teknologi mobile banking yang demikian pesat, PermataBank memperkenalkan aplikasi mobile banking bernama PermataMobile X. Huruf "X" pada PermataMobile X adalah simbol "Customer Experience", untuk memberikan pengalaman terbaik yang menjawab kebutuhan nasabah dan calon nasabah. 

PermataMobile X adalah platform untuk semua layanan digital banking, yang bukan hanya sekedar persembahan teknologi digital melainkan juga solusi utama dalam melayani nasabah. PermataMobile X didesain secara khusus untuk menyempurnakan dan memberikan customer experience yang optimal.

Fitur-fitur utama pada PermataMobile X antara lain:

1. Face ID yang memungkinkan nasabah melakukan login dengan identifikasi wajah. Login pakai Face ID ini bisa dilakukan dengan iPhone X.

2. Touch ID dan Fingerprint, di mana login pakai Touch ID untuk iPhone dan Fingerprint untuk handphone Android.

3. Peeking yang membuat nasabah bisa melihat saldo tanpa login dengan cepat dan aman.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline