Lihat ke Halaman Asli

Daniel Mashudi

TERVERIFIKASI

Kompasianer

Luzhniki 15 Juli, Tim Mana Bakal ke Sini? (2)

Diperbarui: 7 Juli 2018   10:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

bola.kompas.com

Dua partai perempat final telah selesai. Dan sesuai prediksi saya di tulisan seri pertama, Perancis mengalahkan Uruguay dan Belgia mengalahkan Brazil. Dengan demikian tidak ada lagi wakil Amerika Latin yang tersisa.

Pada tulisan seri ke-2 ini saya akan berfokus pada dua partai perempat final yang akan berlangsung Sabtu malam ini. Swedia akan bertarung melawan Inggris dan Rusia akan menjamu Kroasia, sebagai bagian menuju #finalideal di Luzhniki Stadium tanggal 15 Juli nanti.

Inggris vs Swedia

Partai perempat final yang berlangsung di Samara malam ini akan menjadi pertemuan Swedia dan Inggris yang ketiga kalinya pada abad XXI di ajang Piala Dunia. Dua pertandingan fase grup Piala Dunia 2002 dan 2006 berakhir dengan hasil imbang 1-1 dan 2-2.

Hasil imbang juga terjadi pada partai persahabatan tahun 2001 dengan skor 1-1. Pada pertandingan persahabatan lainnya yang digelar pada tahun 2004 Swedia menang tipis 1-0, sementara di tahun 2011 Inggris menang 1-0.

Di tahun 2012 kedua tim bertemu dua kali yaitu pada Euro 2012 (Inggris menang 3-2) dan pada partai persahabatan (Swedia menang 4-2).

Swedia tidak diperkuat pemain bintang Zlatan Ibrahimovic sejak kegagalan di Euro 2016. Namun Janne Andersson mampu membuat Swedia menjadi tim yang sulit dikalahkan. Swedia telah mengalahkan Portugal, Perancis, dan Italia sejak Euro 2016 tersebut.

Di Piala Dunia 2018, Swedia berhasil menjadi pemuncak dari grup yang diisi oleh Jerman, Meksiko dan Korea Selatan. Partai 16 besar berhasil dilalui dengan kemenangan atas Swis.

Inggris memang hanya menjadi peringkat kedua grup di bawah Belgia. Namun pada pertandingan terakhir melawan Belgia, Inggris sengaja mengistirahatkan pemain utama yang membuat tim asuhan Gareth Southgate kalah 0-1.

Hasil ini malah menempatkan Inggris pada jalur mudah untuk menuju partai final. Pada babak 16 besar, Inggris akhirnya mampu melepaskan diri dari bayang-bayang sejarah adu penalti. Kemenangan atas Kolombia membuat Inggris memiliki keyakinan yang tinggi.

Partai Swedia melawan Inggris Sabtu ini akan menyajikan permainan terbuka. Swedia yang tidak memiliki pemain bintang akan mengandalkan kekuatan tim. Sementara Inggris akan mengandalkan ketajaman Harry Kane yang sejauh ini memimpin daftar pencetak gol. Saya memprediksi Inggris akan memenangi partai ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline