Lihat ke Halaman Asli

Daniel Mashudi

TERVERIFIKASI

Kompasianer

Infografik Perkembangan Internet, Media Sosial dan Seluler Asia

Diperbarui: 24 Juni 2015   22:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13505517112031608504

Teknologi internet saat ini berkembang sangat pesat di seluruh belahan dunia. Asia sebagai benua terbesar dengan populasi sekitar 3,8 milyar jiwa atau 54 persen dari total populasi dunia juga mengalami perkembangan di bidang internet, termasuk di dalamnya media sosial dan seluler. Sebuah laporan yang dilansir oleh WeAreSocial memberikan gambaran terhadap perkembangan tersebut dan tentunya menjadi informasi yang sangat bermanfaat bagi kita.

[caption id="attachment_204724" align="aligncenter" width="599" caption="Social, Digital and Mobile in Asia (sumber: www.wearesocial.sg)"][/caption]

Laporan yang diberi judul "Social, Digital and Mobile in Asia" ini dirilis oleh WeAreSocial cabang Singapura dalam bentuk slide yang gamblang untuk dipahami. Dijelaskan bahwa penetrasi internet di Asia tahun 2012 ini mengalami peningkatan dari 24% tahun lalu menjadi 27% tahun ini. Pengguna internet di Asia saat ini berjumlah 1,03 milyar dari total populasi 3,8 milyar. Sementara itu, pengguna jejaring sosial dan telepon seluler adalah 21% dan 82% dari total populasi.

[caption id="attachment_204727" align="aligncenter" width="593" caption="Pengguna internet, sosial media dan seluler (www.wearesocial.sg)"]

13505519041344150992

[/caption]

Jika gambaran di atas adalah gambaran secara global, maka lebih lanjut WeAreSocial juga menjelaskannya lebih rinci berdasarkan 32 negara yang dihitung, termasuk Indonesia. Negara yang memiliki penetrasi internet terbesar adalah Korea Selatan (83 % dari total penduduknya), kemudian disusul oleh Jepang dengan angka 79%. Prosentase tertinggi untuk negara-negara Asia Tenggara dimiliki oleh Brunei (78%), Singapura (75%), Malaysia (61%), Thailand (36%), Vietnam (34%), Filipina (32%), dan Indonesia (22%). Dari segi jumlah, pengguna internet di Indonesia berada di peringkat keempat sebanyak 55 juta jiwa, masih di bawah China (538 juta), India (121 juta) dan Jepang (101 juta).

[caption id="attachment_204731" align="aligncenter" width="598" caption="Penetrasi internet (www.wearesocial.sg)"]

13505534492133820524

[/caption]

[caption id="attachment_204732" align="aligncenter" width="596" caption="Jumlah pengguna internet (www.wearesocial.sg)"]

1350553495535446427

[/caption]

Masih terkait dengan penggunaan internet, hal yang cukup menarik disimak adalah mengenai kecepatan koneksi internet di tiap-tiap negara Asia yang ditampilkan dalam grafik berikut. Dan berapakah rata-rata kecepatan koneksi internet di Indonesia? Ternyata tidak masuk dalam 10 negara teratas atau dengan kata lain rata-rata kecepatannya tidak lebih dari 1,0 MBpS. Wah, cukup memalukan juga ya!

[caption id="attachment_204734" align="aligncenter" width="598" caption="Kecepatan koneksi internet (www.wearesocial.sg)"]

13505540291434766336

[/caption]

Beralih ke penggunaan media sosial. Penetrasi medai sosial di Asia memiliki rata-rata 21% dari populasi. Negara yang memiliki penetrasi tertinggi dalam hal ini adalah Brunei (62%) yang berhasil mengalahkan negara-negara Asia Timur seperti Hong Kong dan Taiwan (56%). Dan lagi-lagi Indonesia jauh tertinggal dalam hal ini yaitu dengan penetrasi media sosial sebesar 18%, meskipun secara jumlah cukup besar yaitu hampir 44 juta jiwa (dengan mayoritas adalah pengguna Facebook) atau nomor tiga setelah Cina (552 juta, mayoritas menggunakan media sosial Qzone) dan India (55 juta, mayoritas adalah Facebook).

[caption id="attachment_204737" align="aligncenter" width="593" caption="Penetrasi media sosial (www.wearesocial.sg)"]

1350554575350607609

[/caption]
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline