Lihat ke Halaman Asli

Daniel Kalis

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Buat Film Cuman Modal Panggilan Video, Why Not?

Diperbarui: 6 September 2021   10:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: cinemagz.co.id

Pandemi Covid-19 yang terjadi selama hampir dua tahun ini seperti dua sisi mata uang. Di satu sisi membatasi aktivitas, tetapi di satu sisi teknologi juga berkembang dengan sangat pesat, tidak terkecuali di dunia film.

Kita pasti sudah tidak asing dengan panggilan video. Dengan adanya pembatasan pertemuan tatap muka, panggilan video menjadi pilihan yang menarik untuk berkomunikasi. Namun, bagaimana jika konsep panggilan video  ini dibawa ke ranah film?

Pada tahun 2020 yang lalu, ada satu film yang dengan sangat baik menggunakan konsep ini. Film itu berjudul Host.

Host, Ketika Panggilan Video Menjadi Begitu Mencekam

Host (2020) adalah sebuah film yang disutradarai oleh Rob Savage. Sebelum menyutradari film ini, ia juga telah menyutradari film Dawn of the Deaf (2016) dan Strings (2012). 

Premis dalam film ini sangat sederhana. Sekelompok anak muda iseng melakukan panggilan arwah lewat platform obrolan video Zoom. Suasana mendadak berubah menjadi begitu mencekam ketika sesuatu yang tidak diinginkan hadir dalam ruang obrolan.


Host begitu populer dan digemari hingga berhasil mencapai peringkat tinggi pada Rotten Tomatoes. Film ini juga sempat menjadi trending di media sosial.

Para kritikus film banyak memuji karena kecerdikan, orisinalitas, dan kuatnya jalan cerita dalam film ini.

Sebenarnya jika kita berbicara tentang tema panggilan video, sudah ada beberapa film dengan tema serupa. Misal saja Searching (2018) atau Unfriended (2014). 

Namun, kepopuleran Host dikarenakan sangat berkaitan dengan kondisi saat ini. Ditambah lagi, penggunaan aplikasi Zoom yang bukan hanya gimik belaka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline