Lihat ke Halaman Asli

Daniel Kalis

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Perlukah Teknologi Berhenti Berkembang?

Diperbarui: 6 Oktober 2020   10:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: teknologiterbaru.net

Zaman semakin maju, globalisasi  mengubah wajah dunia menjadi jauh lebih modern. Kita sudah memasuki era di mana teknologi (hampir) menjadi hal yang tak terpisahkan dari kehidupan setiap insan.

Setiap hari, terutama bagi yang tinggal di daerah perkotaan sudah barang pasti bersinggungan dengan teknologi. Setiap waktu yang dihabiskan rasa-rasanya ada saja kaitannya dengan hal satu ini.

Dari mulai bangun pagi lalu langsung mengecek notifikasi di smartphonekemudian sarapan dengan mengambil lauk dari kulkas, sampai berpergian dengan kendaraan bermotor, semuanya berhubungan dengan teknologi.

Kita tidak bisa membantah bahwa perkembangan teknologi yang amat pesat ini  sangat membantu kehidupan sehari-hari manusia. Teknologi membuat segalanya menjadi lebih mudah dan praktis.

Dalam berpergian misalnya sekarang sudah ada aplikasi ojek daring, dari yang dulunya harus menunggu bus atau mencari ojek di pengkolan sekarang tinggal klik dan kita tinggal duduk santai menunggu driver datang. Hal ini tidak terlepas dari smartphone yang fitur-fiturnya sudah semakin canggih.

Dari yang dulu hanya bisa untuk sms dan telepon,sekarang nyaris bisa untuk segalanya, seolah-olah berbagai kebutuhan hidup ditarik ke dalam benda satu ini. Sebenarnya masih banyak lagi contoh-contoh perkembangan teknologi lainnya, tetapi jika saya jabarkan semua tentu akan menjadi satu artikel lagi.

Namun di balik segala kelebihannya, teknologi juga menyimpan ancaman serius jika kita tidak berhati-hati. Ancaman ini sudah kita rasakan dalam bentuk yang boleh dibilang masih 'jinak' seperti berkurangnya interaksi sosial langsung di masyarakat, banyaknya pengangguran karena pekerjaan mereka digantikan oleh mesin, polusi karena kendaraan bermotor, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Berbagai macam dampak negatif tadi menggelitik saya untuk merenungkan sesuatu, bagaimana jika suatu saat teknologi yang telah kita ciptakan ini mengambil alih dunia, lalu kita sebagai manusia dijadikan 'budak' teknologi?

Mungkin beberapa dari kalian berpikir ini terlalu dibuat-buat atau mungkin saya yang imajinasinya terlalu tinggi. Namun, menilik dari apa yang terjadi dewasa ini kemungkinan hal itu untuk terjadi seperti di film-film Hollywood menjadi mungkin. 

Ada dua hal yang memungkinkan terjadinya alih fungsi teknologi itu. Pertama, para pakar teknologi di seluruh dunia berlomba-lomba untuk meningkatkan teknologi mereka secanggih mungkin. Tujuannya jelas, untuk semakin memudahkan aktivitas umat manusia yang juga berarti semakin memanjakan kita.

Suatu saat mungkin kita tinggal tidur di kasur dan semua aktivitas keseharian kita dapat dijalankan dengan mesin seperti mandi, makan, memakai baju, dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline