Halo apa kabar? Semoga dalam kondisi yang baik ya. Nah kali ini saya ingin berbagi tentang sebuah pertanyaan yang sering saya dengar baik dari mahasiswa saya sendiri atau orang lain tentang sales dan marketing.
Seberapa banyak dari kalian yang juga mengerti tentang perbedaan dan persamaan antara kedua hal ini? Sales dan marketing sekilas memang akan nampak sama. Yup, keduanya berbicara tentang menjual produk dan target yang mereka tuju disebut konsumen. Lantas apakah keduanya berbeda jika semuanya terlihat hampir sama? Saya coba jelaskan ya.
1. Proses kerja
Pada perbedaan yang pertama ini saya akan menjelaskan perbedaan jika dilihat dari proses kerja. Seorang sales memiliki pekerjaan yang mengharuskan mereka untuk bertatap muka dengan konsumen secara langsung atau tidak. Apalagi pada saat pandemi seperti, seorang sales dapat bertatap muka dengan konsumen melalui media daring yang mereka miliki.
Sebelum seorang sales terjun ke lapangan, perlu ada dukungan dari rekan kerjanya. Rekan kerja yang dimaksud adalah marketing. Seseorang yang bekerja sebagai marketing harus melakukan riset pasar terlebih dulu sehingga dia dapat mendeteksi barang dan kebutuhan pasar apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Biasanya hubungan marketing dengan konsumen lebih dulu dimulai sebelum sales memulai hubungan bisnisnya dengan konsumen.
2. Ruang lingkup pekerjaan
Pada dasarnya seorang sales memiliki ruang lingkup kerja yang pendek dibandingkan marketing. Analoginya ruang lingkup sales lebih bersifat short-term sedangkan marketing bersifat long-term. Sales memiliki pekerjaan untuk meyakinkan konsumen untuk dapat membeli produk yang dijual. Bukan hanya itu saja, sales juga memiliki tugas untuk meyakinkan konsumen akan nilai produk yang dapat dinikmati apabila konsumen tersebut menggunakan produk yang akan dibeli.
Sedangkan marketing memiliki tugas untuk menjaga hubungan serta membina relasi baik dengan rekan bisnis secara perorangan dan organisasi. Sehingga dari ini kita dapat membayangkan bahwa seorang marketing memiliki tugas pekerjaan yang bersifat long-term.
3. Fungsi di dalam perusahaan
Seorang sales memiki fungsi sebagai ujung tombak perusahaan ketika berada di lapangan. Hal ini dikarenakan mereka langsung bertatap muka dengan konsumen. Sedangkan marketing sebagai konseptor sekaligus komunikator yang baik. Contohnya adalah seorang konsumen memerlukan sepatu olahraga. Maka divisi marketing harus dapat memenuhi kebutuhan pelanggan ini. Tetapi lebih jauh lagi, marketing harus bisa membuat si pelanggan juga merasa membutuhkan sepatu merk A untuk keperluan lari pagi. Ini lah yang disebut dengan memenuhi keinginan pelanggan. Untuk membuat pelanggan menyadari keinginannya, marketing harus merumuskan brand image dengan baik dan menarik.
4. Aktivitas