Lihat ke Halaman Asli

Pengembangan Wisata Nyawang Bandung

Diperbarui: 5 Juni 2023   14:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Anggota Kelompok P2MB Acarya Bimantara

Bandung dikenal dengan udaranya yang sejuk dengan pemandangan alam yang masih asri. Salah satu daerah yang menyajikan hal tersebut adalah daerah Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Pemandangan alam yang indah dan masih asri menjadi daya tarik wisata bagi warga Bandung maupun luar kota dan mancanegara. Kebanyakan tempat wisata di Lembang sudah dikelola dengan baik sehingga memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Tetapi karena banyaknya tempat dengan pemandangan alam yang indah tadi, belum semua tempat sudah dikelola dengan maksimal, baik oleh pemerintah maupun oleh pihak swasta. Salah satu tempat yang belum dimaksimalkan adalah tempat bernama Nyawang Bandung yang berada di Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

Kelompok 2 P2MB Acarya Bimantara dari Prodi Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Indonesia berkesempatan untuk sedikit membantu pengembangan tempat wisata Nyawang Bandung. Di awal, kami terlebih dahulu mendatangi pihak pengelola Nyawang Bandung, kemudian bertanya terkait dengan permasalahan dan hambatan apa saja yang dihadapi oleh pihak pengelola. Permasalahan yang dihadapi adalah masih kurangnya pemasaran yang dilakukan, terutama melalui media sosial. Akhirnya kelompok kami memutuskan untuk membuat akun media sosial Tiktok. 

Setelah membuat akun tiktok, kami beberapa kali membuat konten di Nyawang Bandung. Tema konten yang dipilih adalah pastinya tema yang menarik perhatian, terutama anak muda yang biasanya ingin selalu mengeksplor tempat-tempat baru yang instagramable. Beberapa tema konten yang sudah dibuat adalah: 

1. Fasilitas-fasilitas yang ada di Nyawang Bandung

2. Tempat healing hidden gem di Bandung

3. Tipe-tipe pengunjung Nyawang Bandung

4. "Kuliah di Bandung, 1% kuliah 99% healing

Dok. pribadi

Konten yang sudah dibuat di Tiktok cukup menarik perhatian banyak orang dengan jumlah penonton yang cukup banyak. Ada beberapa komentar yang didapat terkait dengan lokasi dari Nyawang Bandung dan berapa harga tiket masuknya. 

Proses pengabdian kelompok kami di Nyawang Bandung diakhiri dengan pemberian barang dari kami untuk Nyawang Bandung berupa spanduk dan tempat sampah agar kebersihan di Nyawang Bandung bisa lebih terjaga. 

Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline