Lihat ke Halaman Asli

Daniel Glen

Penikmat Budaya Pop

Katla, Permainan Tebak Kata dari Indonesia

Diperbarui: 8 Maret 2022   12:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tampilan muka permainan web Katla (Dok.pribadi)

Beberapa minggu terakhir ini beberapa teman saya selalu membagikan tweet berisi kotak-kotak berwarna abu-abu, hijau, dan oranye. Pada awalnya saya anggap angin lalu saja hingga suatu saat salah satu dari mereka ada yang pasang caption di tweet kotak-kotak tersebut mengungkapkan kesenangan karena berhasil menebak dalam dua kali kesempatan saja. Akhirnya saya pun mencari tahu apa itu Katla permainan yang sering dibagikan di media sosial khususnya Twitter ini.

Katla adalah sebuah permainan tebak kata sesuai KBBI asal Indonesia yang terinspirasi dari permainan serupa berbahasa Inggris bernama Wordle. Pencipta Katla Fatih Kalifa menggunakan akun Twitternya @pveyes untuk berinteraksi dan menerima masukan dari para pengguna permainan tersebut.

Cara bermain Katla pun cukup mudah yakni menebak sebuah kata berjumlah 5 huruf yang ada di setiap kotak. Terdapat beberapa pedoman yang ada dalam permainan tersebut:

  1. Setelah jawaban dikirimkan warna dalam kotak akan berubah menjadi hijau apabila huruf dan posisi nya sudah benar, orange apabila huruf benar namun posisi salah, dan abu-abu apabila huruf dan posisi salah.
  2. Pemain hanya akan diberikan 6 kali kesempatan menebak kata yang akan diperbarui dalam durasi 24 jam.
  3. Kata yang ditebak adalah kata yang ada di dalam KBBI
  4. Jika kata yang ditebak benar, maka akan keluar statistik yang memberi tahu arti kata tersebut, jumlah permainan yang dimainkan, persentase kemenangan, jumlah kemenangan beruntun, dan rekor jumlah kemenangan beruntun serta distribusi tebakan kata kita.
  5. Jika kalah maka pemain harus menunggu 24 jam lagi untuk kembali mencoba

Apakah Ada Trik Agar Kata Yang Ditebak Efektif?

Meskipun terlihat menantang bagi para pemula tetapi sebenarnya ada triknya agar kata yang ditebak bisa seefektif mungkin yaitu dengan memasukkan kata yang merangkum berbagai huruf vokal. Seperti yang kita tahu huruf vokal terdiri dari lima abjad yaitu A, I, U, E, dan O.

Dari kelima huruf ini ada beberapa kata yang bisa kita masukkan sebagai kata pembuka dengan "mengorbankan" beberapa kolom kotak kesempatan. Misalnya bisa dimulai dengan kata gemuk yang mengandung huruf E dan U. Berikutnya kata hitam yang mengandung huruf I dan A. Untuk membuka kemungkinan terdapat huruf O bisa mencoba kata objek, organ, atau ombak.

Misalkan saya beri contoh untuk kata tersembunyi episode #47 yaitu kata "Jumat" yang dalam KBBI berarti hari ke-6 dalam jangka waktu satu minggu. Pertama saya memasukkan kata kasur agar membuka huruf vokal A dan U. Berikutnya kata gopek agar membuka huruf O dan E.

Alangkah baiknya setelah kata pertama kata berikutnya adalah kombinasi dari huruf vokal dan konsonan yang belum dipakai sebelumnya. Maka ketika huruf di kata gopek berwarna abu-abu yang berarti tidak ada dalam kata rahasia tersebut, kata berikutnya kembali menggunakan huruf vokal yang sudah ada. 

Maka saya memasukkan kata tular agar posisi U dan A di kata tebakan awal tadi berpindah posisi sehingga peluang kata rahasia tertebak lebih besar. Setelah mengetahui huruf U dan A ada di posisi yang tepat maka berikutnya tinggal menebak sisa huruf konsonan yang tersedia.

Dari pilihan huruf yang ada terdapat beberapa pilihan kombinasi huruf agar menjadi kata yang sesuai KBBI yaitu cuman, kuman, bulan, dan jumat. Berdasarkan trik sebelumnya kalau kalian memilih kata bulan untuk dimasukkan ke baris keempat maka huruf B, L, dan N akan berwarna abu-abu. Dengan begitu kata cuman dan kuman akan tereleminasi dari tebakan begitu pun sebaliknya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline