Lihat ke Halaman Asli

Cuaca Bersamamu

Diperbarui: 5 Juli 2024   10:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

cici.ai.com

Jepang sedang mengalami periode cuaca yang sangat basah. Saat duduk bersama ibunya yang sekarat di rumah sakit Tokyo, seorang gadis remaja bernama Hina Amano melihat genangan sinar matahari di reruntuhan kuil di atas sebuah bangunan bobrok. Hina meninggalkan tempat tidur ibunya dan pergi ke kuil, melintasi gerbangnya, dan sejenak dipindahkan ke dunia yang tampak di langit.

Siswa baru sekolah menengah Hodaka Morishima melarikan diri dari rumahnya dan pindah ke Tokyo. Dalam perjalanan, dia hampir terlempar dari kapal feri ketika hujan badai yang dahsyat menerjangnya. Namun, dia diselamatkan oleh seorang pria bernama Keisuke Suga , yang kemudian disuguhi Hodaka sebagai ucapan terima kasih atas bantuannya. Keisuke memberinya kartu namanya kalau-kalau dia membutuhkan bantuan saat mereka berangkat dari feri. Di Tokyo, Hodaka berjuang untuk menghidupi dirinya sendiri karena dia tidak dapat bekerja secara legal karena statusnya sebagai anak di bawah umur yang melarikan diri. Dia menghabiskan beberapa malam di kafe cyber sambil menanyakan peluang kerja secara online, namun akhirnya tidak dapat menemukan posisi di mana pun dan dengan demikian memutuskan untuk menghemat uangnya dengan tetap berada di jalanan. Dia sempat bertemu Nagi Amano , adik laki-laki Hina, bersama dengan Ayane dan Kana di bus, berseru pada dirinya sendiri bahwa Nagi adalah seorang pemain.

cici.ai.com

Suatu malam, saat berlindung di ambang pintu lobi lift, Hodaka bertemu dengan seekor kucing liar yang dia beri makan, menyadari bahwa dia dan hewan tersebut berada dalam situasi yang sama. Setelah pingsan di luar sana, dia dibangunkan oleh tuan rumah klub, yang mengusirnya dan mengirimnya menabrak tempat sampah yang menumpahkan sampah ke mana-mana. Saat Hodaka mengganti sampah di kaleng, dia mengambil sebuah paket yang kemudian dia buka saat dia duduk di McDonald's. Paket tersebut berisi pistol, yang awalnya membuatnya takut, sampai dia meyakinkan dirinya sendiri bahwa itu pasti hanya mainan dan memutuskan untuk menyimpannya sebagai jimat keberuntungan. Hina mendekatinya saat dia duduk tanpa memesan apa pun, menawarinya makanan gratis karena kasihan.
Keesokan harinya, Hodaka menghubungi Keisuke dan dipekerjakan sebagai asisten di perusahaan penerbitan kecilnya, K&A Planning Co. , Ltd. Di kantor, Hodaka bertemu Natsumi Suga , keponakan Keisuke yang dikira Hodaka sebagai majikannya. Dia dan Natsumi menyelidiki legenda urban yang berkaitan dengan cuaca tidak biasa di Tokyo; dari paranormal, mereka mendengar legenda ' Gadis Sinar Matahari ' dan 'Gadis Hujan'---makhluk yang dapat mengendalikan cuaca.

Pada suatu hari hujan, Hodaka menyaksikan Hina diintimidasi untuk bekerja di klub samar oleh pria yang sama yang mengusirnya sehari sebelumnya, dan berusaha menyelamatkannya. Dia mengenalinya sebagai gadis yang baik padanya, dan mereka kemudian melarikan diri bersama saat tuan rumah klub mengejar mereka. Tuan rumah menjebak Hodaka, tapi dia berhasil mengejutkan pria itu dengan menembakkan pistol yang dia temukan sebelumnya. Tidak menyangka pistol itu asli, Hodaka membeku, dan Hina dengan cepat menariknya menjauh sehingga keduanya bisa melarikan diri ke gedung terbengkalai di dekatnya---gedung yang sama yang dilihat Hina saat dia duduk bersama ibunya. Hina menegur Hodaka karena ikut campur, menjelaskan bahwa dia membutuhkan pekerjaan itu untuk menghidupi dirinya dan saudaranya setelah dipecat dari pekerjaan sebelumnya di restoran cepat saji. Dia mengkritik penggunaan pistolnya sebelum berbalik untuk pergi, dan Hodaka, juga takut dengan apa yang telah dia lakukan, melemparkannya ke lantai gedung. Melihat bahwa dia menyadari kesalahannya, Hina kembali dan menebak bahwa Hodaka adalah seorang pelarian sebelum mengatakan kepadanya bahwa dia ingin menunjukkan sesuatu kepadanya. Di atap gedung, Hina menunjukkan kemampuannya membersihkan langit dengan berdoa untuk Hodaka. Dia memperkenalkan dirinya kepada Hodaka yang terkesan saat dia melakukan hal yang sama, membual kepadanya bahwa dia berusia 17 tahun dan karenanya lebih tua darinya. Mereka mengatur pertemuan di rumah Hina.

Segera setelah itu, di K&A, Hodaka berbicara dengan Natsumi tentang Sunshine Girls dan wanita tersebut terpesona dengan gagasan menjadi Sunshine Girl, lalu bertanya kepada Hodaka kapan dia berkencan dengannya. Hodaka memprotes karena ini bukan kencan saat Natsumi bangkit untuk pergi. Di tempat lain, Keisuke bertemu dengan ibu mendiang istrinya , Ny. Mamiya , di sebuah kafe untuk mendiskusikan hak asuh atas putrinya. Dia menolak permintaannya untuk menemui Moka, dengan alasan bahwa dia masih merokok dan akan memberikan kesan buruk pada anak tersebut.

Kemudian pada hari itu, dia bertemu Hina dan kemudian adik laki-lakinya, Nagi, di rumah mereka dan dia memasak makan siang untuk Hodaka saat mereka mendiskusikan pekerjaan. Terinspirasi oleh ide Gadis Sinar Matahari, Hodaka mengusulkan agar mereka memulai bisnis bersama; Hina bisa memberikan kemampuan misteriusnya kepada orang-orang yang menginginkan cuaca cerah untuk acara khusus. Bisnis mereka sukses besar dan menarik banyak klien mulai dari siswa taman kanak-kanak hingga perusahaan raksasa.
Festival kembang api Jingu Gaien diadakan beberapa bulan setelah pekerjaan dimana Hina diminta untuk menyediakan langit cerah. Setelah melakukannya, dia duduk di atap gedung bersama Hodaka, mengatakan kepadanya bahwa dia sangat senang dia memulai pekerjaannya saat mereka menonton kembang api bersama.

Keesokan harinya, Natsumi menulis resumenya sambil menunggu di mobil sampai Keisuke menutup telepon. Keisuke mengeluarkan sebatang rokok, tapi tidak menyalakannya saat Ame melompat ke meja di depannya, lalu memutuskan untuk menelepon Ny. Mamiya tentang putrinya. Dia masuk ke mobil bersama Natsumi dan mereka mendiskusikan Hodaka dan pekerjaannya yang lain bersama-sama, Natsumi menjadi muak pada Keisuke saat dia mengatakan kepadanya betapa kecilnya gajinya.

Hina, Nagi, dan Hodaka mencari pekerjaan untuk Fumi Tachibana di rumahnya, membersihkan langit untuknya sehingga dia bisa menyalakan api untuk mendiang suaminya. Fumi mengatakan sayang sekali mereka berhenti dari pekerjaannya, tapi Hodaka menjelaskan bahwa mereka tidak punya pilihan karena Hina tertangkap kamera di festival dan karena itu ingin bersembunyi untuk sementara waktu. Taki Tachibana tiba di rumah Fumi dan menyalakan api untuknya, Fumi mendorongnya untuk melakukan hal yang sama untuk almarhum ibunya ketika dia mengungkapkan kematiannya. Taki dan Hodaka mendiskusikan Hina saat dia, kakaknya, dan Fumi bermain di taman. Hodaka mengatakan bahwa Hina akan berulang tahun seminggu lagi dan Taki mendorongnya untuk membelikannya hadiah.

Keisuke dan Natsumi terus menyelidiki legenda urban seputar gadis misterius yang bisa mengubah cuaca. Mereka mengunjungi seorang pendeta di kuil yang menceritakan kepada mereka legenda gadis cuaca yang kekuatannya harus dibayar mahal. Di tempat lain, Yasui dan Takai mengejar tuan rumah yang menyudutkan Hina dan menanyakan apa yang dia ketahui tentang Hodaka, menunjukkan kepadanya gambar CCTV Hodaka mengarahkan senjatanya ke arahnya. Polisi kemudian mendiskusikan Hodaka sambil makan ramen.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline