Lihat ke Halaman Asli

ARSINAPS: Supplemen Belajar yang Menarik, Inovatif, dan Menyenangkan

Diperbarui: 9 Oktober 2022   09:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bekasi, Agustus 2022. Tim dosen peneliti dari Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta telah mengembangkan sebuah aplikasi Augmented Reality berbasis sistem android pada materi sistem pernapasan yang diberi nama ARSINAPS. Aplikasi ini dibuat sebagai salah satu solusi yang dapat ditawarkan bagi guru-guru untuk memberikan proses pembelajaran yang lebih menarik, inovatif dan juga menyenangkan.

Pembelajaran di abad 21 tak dapat terlepas dari peran teknologi sebagai alat bantu dalam belajar. Video pembelajaran di platform-platform online, sumber-sumber bacaan yang mudah diakses melalui browser online, serta permainan-permainan online yang berkaitan dengan materi pembelajaran saat ini sudah banyak dan mudah ditemui. Teknologi terkini seperti virtual reality, hologram, virtual laboratory, Artificial intelligence, serta Augmented reality tengah banyak mencuri perhatian masyarakat begitu pula siswa-siswa dan guru-guru di sekolah. 

Augmented Reality merupakan teknologi yang dapat meningkatkan perepsi dan interaksi pengguna dengan dunia nyata (Azuma, 1999; Thomas, 2007) dengan penggambaran objek tiga dimensi yang juga dapat dilengkapi dengan video dan audio. Hal ini menjadikan teknologi AR sangat menarik dan menyenangkan jika digunakan sebagai media pembelajaran ataupun supplemen belajar bagi siswa dan guru di kelas. 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (P2M) yang dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2022 bekerja sama dengan dinas Pendidikan kabupaten Bekasi dan melibatkan guru Biologi SMA yang tergabung dalam MGMP Biologi SMA Kabupaten Bekasi. Kegiatan P2M dilaksanakan di SIT Ulil Albab, Bekasi sebagai sekolah mitra yang juga berpartisipasi sebagai peserta dalam kegiatan P2M tahun ini. 

Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara luring dengan mengundang 30 orang guru-guru biologi yang tergabung kedalam MGMP Guru Biologi SMA Kabupaten Bekasi. Karena beberapa kendala jadwal yang bersamaan dengan kegiatan lain di Kabupaten Bekasi, total peserta yang dapat hadir dalam acara P2M sebanyak 20 orang, sehingga dapat dikatakan bahwa target pencapaian jumlah peserta sebanyak 67%.

Peserta kegiatan terdiri dari 72,2% guru perempuan dan 27,8% guru laki-laki, masa kerja paling banyak berada pada kategori lebih dari 10 tahun dan kelompok usia 31-40 tahun menjadi kelompok dengan jumlah terbanyak. Kegiatan diawali dengan sambutan dari ketua MGMP Biologi SMA Kabupate Bekasi, perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi dan Ketua Yayasan SIT Ulil Albab. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai pembuatan media pembelajaran berbasis Augmented Reality secara sederhana yang dilanjutkan dengan pengenalan ARSINAPS sebagai salah satu media berbasis AR yang sedang dikembangkan oleh tim peneliti dari Pendidikan Biologi UNJ.

Dokpri

Antusiasme peserta sangat baik, terlihat dari ketertarikan dalam mengoperasikan media ARSinaps dengan bersemangat dan terlihat sangat tertarik dengan memberikan respon apresiasi yang sangat baik selama pelatihan dalam penggunaan media ARSINAPS. Aplikasi ARSINAPS saat ini sudah dapat di download di Playstore dan aplikasi ini telah di download oleh lebih dari 100 orang pengguna android. 

Ulasan evaluasi dari pengguna terhadap aplikasi ini sangat baik (4,5/5) dan juga mendapat banyak komentar positif. Sebelum dipublikasikan, aplikasi ini telah melalui tahap validasi ahli dan mendapatkan hasil evaluasi dengan skor rata-rata 3,6 dari skor maksimal 4,0 yang menyatakan bahwa aplikasi ARSINAPS 91,2% telah berfungsi dengan baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline