Lihat ke Halaman Asli

Perlukah Kita Melakukan Devosi?

Diperbarui: 4 Juli 2020   13:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth


By: Petrus Danggalimu
Oebufu, 29 Mei 2020

Markus 1:35
Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.

Ayat-ayat lain bisa dibaca sebagai referensi tambahan
(Matius 14:23, Markus 6:46)

Bila kita mengamati pelayanan Yesus di bumi, sangat padat. Tidak ada waktu bagi Yesus untuk melakukan hal yang tidak ada manfaat dan tujuannya. Dan di tengah-tengah padatnya pelayanan yang ada, ditengah-tengah kerumunan orang banyak, Yesus selalu ambil kesempatan untuk sendiri. Kadang tidak sungkan-sungkan IA menyuruh orang banyak itu untuk pulang agar IA memiliki waktu sendirian.

Pertanyaannya adalah untuk apa Yesus mau menyendiri? Untuk berdoa. Untuk berkomunikasi dengan BAPA-Nya. Untuk sekedar berbagi cerita dengan Bapa-Nya tentang hal-hal yang telah dilakukan-Nya. Untuk sekedar senyum dan tertawa dengan Bapa-Nya atas apa yang telah dilakukan. Untuk sekedar bertanya pada BAPA-NYA apakah BAPA berkenan atas apa yang telah dilakukan-NYA.  Kesendirian dengan BAPA-NYA sekaligus sebagai evaluasi sehingga  dapat ditemukan bahwa IA menghabiskan  waktu semalam penuh dengan BAPA-NYA (Lukas 6:12).

Selain itu, Yesus perlu terus ambil waktu bersama BAPA-NYA karena masih banyak hal lainnya yang perlu dilakukan-Nya. IA merasa sangat perlu untuk terus ngobrol dengan BAPA-NYA demi tujuan-Nya di bumi.

Hal ini dilakukan-Nya sebab mengurus banyak orang dengan berbagai karakter, pergumulan, sakit penyakit,  dan lain-lain bukanlah perkara yang muda.

Yesus juga sadar bahwa IA memiliki sifat kemanusiaan, oleh karena itu IA selalu menjaga diri-Nya agar kemanusiaan-Nya tidak mendominasi.

Apa yang dilakukan-Nya sama sekali bukan tentang diri-Nya sendiri. Bahkan DIA  tidak punya kesempatan untuk berpikir tentang diri-Nya sendiri. Sejak usia 12 tahun IA telah mengetahui dengan jelas bahwa IA harus berurusan dengan segala urusan BAPA-NYA.  Urusan BAPA yang dimaksud adalah tentang nasib manusia yang telah jatuh dalam dosa dan bagaimana supaya manusia yang sangat dicintai oleh BAPA-NYA kembali pada desain BAPA yang semula.  

Apa yang telah dilakukan  Yesus membuat-Nya semakin berhikmat, semakin bijaksana dan memiliki kuasa perkataan yang luar biasa. Banyak orang  mengalami mujisat sehingga menjadi heran dan takjub serta menjadi percaya.

Inilah devosi yang Yesus lakukan menurut saya. Ini perlu untuk kita terus dilakukan. Bisa dilakukan sendiri-sendiri dan bisa juga secara bersama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline