Lihat ke Halaman Asli

Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi

Diperbarui: 8 April 2022   22:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Apa saja Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi - Tujuan mempelajari dampak positif dan negatif teknologi informasi dan komunikasi adalah agar kita dapat memanfaatkan TIK untuk sesuatu yang bermanfaat dan positif.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak artikel di bawah ini mengenai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat.

Seiring berjalannya waktu teknologi dapat mempengaruhi cara pandang seseorang dengan kemudahannya. Karena adanya teknologi informasi dan komunikasi seseorang dapat memanfaatkan secara positif dan juga bisa di salahgunakan dengan hal-hal yang negatif.

Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini dampak positif  yang dapat dirasakan antara lain :

1. Memudahkan Orang Dalam Berkomunikasi

Banyak perusahaan berlomba-lomba membuat sebuah aplikasi sebagai media komunikasi ada WhatsApp ada telegram dan masih banyak lagi. Dulu sebelum berkembang pesat seperti saat ini, untuk komunikasi orang harus mengantri di sebuah warung telepon.

Juga setelahnya sebelum pada WhatsApp telegram dan lain-lain, untuk telepon kita harus membayar mahal menggunakan pulsa. Untuk saat ini kalau kita mempunyai kuota internet, tidak hanya bisa mengirim mengirim pesan dan telepon tetapi kita juga bisa melakukan tatap muka dengan orang lain dalam jarak jauh.

Yaitu dengan fitur video call tanpa ada batasan waktu dan juga daerah. Asal kita sama-sama mempunyai kuota internet kita bisa berkomunikasi secara langsung.

2. Media Pertukaran Data

Sekarang ini pertukaran data dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi bisa menggunakan yang namanya email, google drive atau media sosial seperti WhatsApp dan telegram.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline