Kereta cepat jakarta-Bandung (KCJB) di uji coba sepanjang 14 kilometer pada 6 november 2022 lalu, kereta cepat ini nantinya mampu melakukan kecepatan sangat tinggi, bahkan kecepatan yang di tempuh mampu melaju sampai 350 km/Jam dan akan disesuaikan dengan kondisi trase kereta. Bahkan waktu tempuh perjalanan dengan kereta ini hanya 40 menitan saja, yang biasanya bisa memakan waktu 3 jaman perjalanan. Saat ini masih ada tes lanjutan Kereta cepat jakarta Bandung (KCJB) yaitu tes pada tanggal 16 november mendatang guna menjalani tes uji dinamis, tes dilakukan untuk memastikan seluruh fitur dan fasilitas pendukung yang sudah dipasang sesuai harapannya. Tes kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada 16 november mendatang juga akan disaksikan oleh presiden Indonesia Joko widodo dan presiden Tiongkok Xi Jinping melalui telekonferensi.
Nantinya kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menggunakan kereta cepat terbaru, yaitu kereta CR400AF. Kereta CR400AF merupakan hasil dari pengembangan tipe kereta CRH380A oleh perusahaan CRRC Qingdao Sifang. kereta CR400AF memiliki spesifikasi dengan lebar 3,36 meter, tinggi 4,05 meter, dengan panjang kepala kereta 27,2 meter dan intermediate kereta 25 meter. Kereta Cepat Jakarta Bandung nantinya akan memiliki 8 trainset untuk di operasikan, dan juga 2 trainset untuk pengganti atau cadangan. kereta cepat Jakarta bandung (KCJB) juga akan membawa kapasitas 601 penumpang dalam satu kali perjalanan. Kereta cepat jakarta bandung (KCJB) juga akan memiliki 3 kelas diantaranya kelas VIP, kelas 1, dan kelas 2.
Seating VIP nantinya berjumlah 1 kereta yang berkapasitas 18 penumpang. Kelas VIP nantinya kualitas pada bangku kelas VIP menggunakan faux leather dan finishing motif bordir batik Mega Mendung. warna abu-abu pada tiap tempat duduk akan semakin menambah nuansa elegan pada interior seating VIP.
Seating First Class nantinya berjumlah 1 kereta yang berkapasitas 28 penumpang. Untuk penggunaan bahan sama dengan VIP dimana Menggunakan faux leather namun berbeda pada finishing motif laser cut batik Mega Mendung. Ditambah dengan warna merah cerah pada tempat duduk membuat interior seating semakin menawan.
Seating second class ini berjumlah 7 kereta, yang berkapasitas 555 penumpang. Desainnya menggunakan finishing suede dan motif print batik Mega Mendung, dengan detail warna biru dan abu-abu pada tempat duduknya, sehingga semakin mempercantik tampilan interior seating Second Class ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H