Lihat ke Halaman Asli

Danar Iqbal A

Mahasiswa

Review Book Agama Agenda Demokrasi dan Perubahan Sosial

Diperbarui: 9 November 2023   15:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Danar Iqbal Amrulla

Nim : 212111312/ 5e

Judul Buku : Agama Agenda Demokrasi dan Perubahan Sosial

Sub Bab : Kontribusi Agama dalam Persatuan Umat

Penulis : Muhammad Julijanto, S.Ag, M.Ag

Berdasarkan buku ini yang berjudul Agama Agenda Demokrasi dan Perubahan Sosial pada sub bab kontribusi agama dalam persatuan umat mengajarkan bahwa kesejahteraan dan kedaimaian adalah sejati ajaran agama. Kedamaian dan keamanan adalah dambaan semua orang, tidak mengenal struktur sosial. Sebab keduanya merupakan naluri manusia untuk mencapainya. Semakin plural dan kompleksnya suatu masyarakat maka tingkat konflik akan semakin tinggi peluang terjadinya, sebab persinggungan berbagai kepentingan akan terjadi dengan intensitas dan kualitas yang lebih tinggi.

Dengan begitu menimbulkan konflik ideologis yang bersifat intrinsik muncul dari adanya kebencian yang dalam terhadap nilai-nilai kelompok lain. Berubahnya sistem stratifikasi sosial dan menguatnya mobilitas status sosial yang cenderung memperkuat hubungan antara individu dan kelompok yang semula berstatus tinggi sekarang berstatus terkucil.

Oleh karenanya itu semua pihak harus dapat menjalin komunikasi yang cair, dan saling pengertian, saling mencoba memahmi apa yang menjadi pemikiran, keinginan, dan penyatuan kepentingan, sehingga akan tercapai titik temu yang tepat untuk mengakhiri konflik yang terjadi. Dengan konflik juga akan meningkatkan kedewasaan semua pihak dalam memehami aspirasi dari kelompok lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline